15 Bidan Inspiratif, Cegah Stunting Bayi Melalui Ibu Hamil

31 Januari 2023
15 Bidan Inspiratif, Cegah Stunting Bayi Melalui Ibu Hamil

Sahabat Inisiator sering melihat kampanye kesehatan bertajuk Cegah Stunting pada bayi? Memang bukan tanpa alasan, sebab angka kasus bayi stunting masih cukup tinggi di Indonesia.

Dikutip dari Detik.com, studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 menyebutkan bahwa angka stunting pada bayi di Indonesia sebesar 24,4 persen dan disusul wasting sebesar 7,1 persen. SSGI bahkan mencatat, satu dari empat anak Indonesia mengalami stunting, yang mana jumlah ini setara dengan sekitar lima juta anak Indonesia.

Selain itu, melansir Kompas.com, Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) dalam webinar bertajuk ‘Remaja Peduli Kesehatan Reproduksi, Stunting, dan Penurunan Angka Kematian Ibu’ (15/8/2022), mengungkapkan angka kematian bayi di Indonesia masih 24 per 1.000 dan angka kematian ibu yakni 230 per 100 ribu kelahiran hidup.

Dalam memperingati Hari Gizi Nasional 2023 pada 25 Januari 2023, Human Initiative akan bercerita mengenai salah satu program yang memiliki tujuan mulia untuk menekan angka stunting di Indonesia dengan tindakan pencegahan melalui Ibu Hamil.

Mencari 15 Bidan Inspiratif

Human Initiative dalam salah satu core programnya yakni Human Initiative for Children, menggagas program bersama Kimia Farma dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tangerang dengan tema ‘Peran Bidan dalam Menjaga 1000 Hari Pertema Kehidupan (HPK) di Masa Pandemi’.

Dalam upaya cegah stunting pada bayi, para Bidan Kabupaten Tangerang dijaring untuk mengajukan proposal proyek sosial di kliniknya masing-masing. Seleksi yang ketat membuat tahap seleksi 15 Awardee Bidan Inspiratif dilakukan hingga dua kali.

Dari 17 proposal yang masuk, hanya 14 yang hadir dan berhasil mempresentasikannya. Setelah dilakukan penjurian, 10 Bidan yang dinyatakan sebagai Awardee Bidan Inspiratif.

Sebab kuota belum terpenuhi, maka dilakukan kembali seleksi proposal tahap kedua hingga terjaring 13 kandidat. Penilaian dilakukan, didapatkan lima nilai tertinggi dan akhirnya mencukupi kuota 15 Awardee Bidan Inspiratif.

Bersama stakeholders, kemudian melaksanakan pelatihan teori dan praktik berupa peningkatan kapasitas pengelolaan proyek sosial bagi para Bidan. Para Bidan mendapatkan pendampingan khusus dalam membuat Logical Framework Analysis (LFA), timeline, dan anggaran dana sebagai bagian dari desain proyek sosial.

Harapannya, pada tahap ini para Bidan mampu meningkatkan pengetahuan dalam mengelola proyek sosialnya masing-masing.

Bidan Inspiratif yang Solutif

15 Awardee Bidan Inspiratif dalam beragam proyek sosial yang diusung, berhasil menjadi Bidan yang solutif di lingkungannya.

Tak hanya layanan kesehatan berupa pemeriksaan secara rutin, namun pangan sehat juga diberikan dalam mendukung pemenuhan asupan gizi yang baik. Semua tujuan ini juga didukung dengan pelayanan kelas Ibu Hamil dan konsultasi online (via whatsapp group).

Berdasarkan penarikan data dari 15 proyek sosial Bidan Inspiratif, angka temuan kasus stunting pada balita dan kunjungan ibu hamil dengan keluhan anemia mengalami penurunan, dibandingkan kondisi sebelum program Bidan Inspiratif dijalankan.

Begitu juga pada pelayanan bayi dan balita. Program Bidan Inspiratif juga meningkatkan kunjungan bayi dan balita dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan.

Pada kasus kematian Ibu, secara rasio angka kelahiran hidup meningkat menjadi 259 per 100.000. Dibandingkan sebelum adanya program Bidan Inspiratif yang mencapai 110 per 100.000 kelahiran hidup.

Bahkan pada kasus kematian neonatal bayi dan balita, tidak ditemukan kasus kematian setelah pelaksanaan program Bidan Inspiratif, yang mana sebelumnya tercatat beberapa kasus kematian.

Meski begitu, protokol kesehatan semasa pandemi memengaruhi kunjungan Ibu Bersalin yang berdampak terjadinya penurunan.

Kondisi perekonomian masyarakat Indonesia belum sepenuhnya pulih pascapandemi. Bahkan sebelum adanya pandemi, banyak dari Saudara kita sulit untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Dari program Bidan Inspiratif yang merupakan kolaborasi kebaikan dari Sahabat Inisiator dan stakeholder, para Ibu berhasil berjuang, para bayi bisa melihat indahnya dunia, dan anak-anak tumbuh bahagia bersama orang tuanya.

Terima kasih, Sahabat Inisiator.

Bagi Sahabat Inisiator yang ingin berkontribusi dalam program kebaikan untuk cegah stunting pada anak, dapat berkunjung ke solusipeduli.org.

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561