Pernah Alami Kebuntuan, Tak Ada Inspirasi? 3 Cara Dapatkan #InspirasiSejati

Pernah Alami Kebuntuan, Tak Ada Inspirasi? 3 Cara Dapatkan #InspirasiSejati

1 Maret 2022

Pikiran kita itu layaknya parasut, akan terbuka di saat genting.

Pernah mendengar ungkapan di atas? Atau mungkin Sahabat Inisiator pernah mengalaminya? Entah darimana, inspirasi dan ide-ide cemerlang sering muncul di detik-detik terakhir. Namun kita pasti akan kesulitan jika setiap ide hanya keluar di waktu-waktu terakhir. Anthony Robbins, salah seorang motivator legendaris memiliki teknik yang disebut priming di pagi hari. Singkatnya, waktu pagi dapat menentukan kualitas pekerjaan kita di sepanjang hari kita. Nah, apa saja yang dapat kita lakukan untuk dapat mengoptimalkan hari-hari kita dan mendapatkan #InspirasiSejati ? Berikut aktivitas yang dapat kalian lakukan.

 

1.    Membaca Buku, Dapat Wawasan Baru

tips pertama yang dapat membantu kita mendapatkan inspirasi adalah membaca buku. Jujurly, membaca buku justru adalah habit yang sulit dikerjakan, betul atau betul? Coba berapa banyak dari Sahabat Inisiator yang memiliki rutinitas membaca buku tiap hari atau mungkin tiap pekan?

 

James Clear, dalam bukunya yang berjudul Atomic Habit , memberikan tips yang bagus untuk kita yang kesulitan membangun habit baru, misalnya membaca buku. Cara yang paling sederhana yang dapat kalian lakukan adalah dengan menerapkan apa yang dia sebut dengan “aturan 2 menit”. Singkatnya, Sahabat Inisiator dapat mulai latihan membaca sebuah buku selama 2 menit setiap hari. Sambil membaca teman-teman bisa sambil ditemani cemilan atau kopi.

 

Jika sudah terbiasa, membaca buku akan sangat membantu mendapatkan #InspirasiSejati. Kebanyakan orang berhasil memiliki habit membaca buku lho… Kamu bisa jadi salah satunya.

2.    Berolah raga, dengan begitu membuat pikiranmu fresh

Ayo siapa yang di sini mager ketika harus berolahraga? Mudah-mudahan sahabat inisiator bukan salah satunya ya. Capek, malas berkeringat dan tidak punya waktu seringkali menjadi alasan orang-orang enggan berolahraga. Padahal, olahraga itu sangat baik untuk kita semua. Bukan hanya tentang kesehatan dan mengeluarkan keringat lho. Ada hal menarik dibalik kegiatan olahraga.

 

Robin Sharma dalam bukunya  the 5Am Club menyebutkan bahwa olahraga di awal pagi itu sangat bermanfaat. Selain mempersiapkan fisik kita untuk sepanjang hari, berolahraga dapat menyeimbangkan hormon kortisol yang ada pada tubuh kita. Hormon Kortisol adalah hormon yang menyebabkan rasa takut. Celakanya, inspirasi sering kali tidak datang kalau kita justru terlalu sering merasa takut.

 

Olahraga tidak perlu yang berat-berat dulu kok. Sahabat Inisiator dapat memulai dengan jogging keliling komplek, atau bahkan melakukan jumping jack atau senam Tabata yaitu senam yang hanya 5 menit saja. Senam ini dapat kalian lakukan di depan laptop, HP atau TV kalian di rumah. Untuk menambah keseruan, kalian dapat berolahraga sambil mendengarkan musik. Tidak jarang kan, kita melihat orang-orang yang jogging sambil ada headset di telinganya?

 

3.    Bersyukur & Berterima Kasih kepada Tuhan yang sudah berikan banyak kebaikan padamu

 

Dibalik 2 tips sebelumnya, tentu kita yakin bahwa #inspirasisejati datang dari sang pencipta. Bersyukur selalu menjadi alasan sebuah solusi sering datang dari arah yang tidak diduga. Namun bagaimana cara kita selalu menjadi orang yang bersyukur?

 

Ustadz Firanda Andirja, dalam suatu kesempatan mengutarakan bahwa salah satu cara besyukur yang luar biasa adalah tetap mengingat Allah walaupun keadaan sedang lapang. Seringkali kita datang kepada Tuhan ketika kondisi sedang sulit, namun lupa ketika keadaan mulai membaik.

 

Dengan demikian, kita dapat mulai melatih diri kita untuk senantiasa bersyukur apapun kondisi kita saat ini. Awalnya mungkin tidak mudah. Tetapi seperti halnya kebiasaan yang lain, bersyukur juga perlu dilatih. Tentu dengan dibarengi oleh ikhtiar yang maksimal sehingga apa yang kita usahakan mendapatkan Ridho-Nya.

 

Sahabat Inisiator, mencari #InspirasiSejati adalah proses bertumbuhnya diri. Semoga segera memperoleh inspirasi yang kalian cari ya. Dengan begitu kalian dapat berkarya dan bermanfaat bagi sekitar. Kalian juga dapat mengunjungi situs donasi  kami di solusipeduli.org  untuk dapat mendukung program-program Human Initiative dalam membangun Indonesia. Terima kasih karena telah menginspirasi kami.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561