52 Hari Menuju Ramadan: Semangat Sedekah di Bulan Ramadan

52 Hari Menuju Ramadan: Semangat Sedekah di Bulan Ramadan

9 Februari 2022

Sahabat Inisiator, pasti kalian menyadari bahwa saat ini kita semakin dekat dengan bulan Ramadan. Mungkin banyak juga dari kalian yang sudah curi start dengan memperbanyak amal ibadah seperti sedekah misalnya, untuk membiasakan diri, sehingga saat memasuki bulan Ramadan nanti sudah semakin matang dan siap menyempurnakan ibadahnya.

Rasulullah SAW sekaligus sosok panutan kita semua telah memberikan suri teladan dengan memperbanyak berderma atau sedekah pada orang lain di bulan Ramadan. Bahkan, seperti yang sudah Sahabat Inisiator ketahui bahwa di bulan Ramadan seluruh amal ibadah kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT tidak terkecuali dengan sedekah.

Mungkin Sahabat Inisiator bertanya-tanya, kenapa Rasulullah sangat menganjurkan untuk bersedekah, khususnya di bulan Ramadan? Karena dengan amalan tersebut, kita sama saja dengan membantu saudara kita yang berpuasa dan Allah telah berjanji bahwa siapapun umat Muslim yang membantu atau memudahkan saudaranya yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang sama tanpa pengurangan sedikitpun.

Hal ini sesuai dengan salah satu hadis yang berbunyi,”Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192).

Adapun keutamaan lainnya juga tertuang dalam hadis berikut.

Sedekah itu memadamkan dosa sebagaimana api dapat dipadamkan dengan air, begitu pula shalat seseorang di pertengahan malam.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973).

Sahabat Inisiator, tentunya kalian juga tak ingin ketinggalan dan semakin semangat untuk bersedekah bukan? Kebetulan Human Initiative juga punya program-program menarik untuk Ramadan tahun ini. So, follow social media kita dan nantikan update-nya juga di website Human Initiative untuk bisa ikuti keseruannya ya! 😊

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561