Ahmad Bayu Gawtama, Pendiri Sekolah Relawan yang Inspiratif

Ahmad Bayu Gawtama, Pendiri Sekolah Relawan yang Inspiratif

28 Desember 2021

Pemilik nama lengkap Ahmad Bayu Gawtama atau yang sehari-hari akrab dengan sapaan Mas Gaw ini merupakan pria kelahiran Februari 1974. Sudah sejak lama Mas Gaw aktif dalam berbagai program kegiatan membantu sesama seolah hal tersebut merupakan bagian dari hidupnya. Mas Gaw dididik untuk menjadi sosok yang tangguh dan mandiri bahkan sejak beliau masih balita.

Gaw kecil hanya hidup bersama ibunya yang merupakan seorang guru ngaji keliling. Demi mencukupi kebutuhan sehari-hari, di sela-sela kesibukan sekolahnya, beliau membantu ibunya berjualan nasi uduk, lontong sayur, hingga gorengan. Tidak hanya itu saja, Mas Gaw juga pernah melakoni pekerjaan sebagai tukang cuci piring, pengamen, serta tukang semir sepatu.

Hal tersebut terus beliau lakukan hingga kuliah demi bisa mendapatkan gelar sarjana di almamaternya, yaitu Manajemen STMIK Indonesia. Meski hidupnya penuh perjuangan, Mas Gaw sangat bersyukur ada banyak orang baik yang turut membantu kehidupannya. Hal inilah yang menginspirasinya untuk menjadi sosok relawan seperti sekarang, tak kenal lelah membantu sesama.

Baginya, tidak perlu menunggu untuk kaya untuk bisa membantu sesama. Namun, karena pernah merasakan posisi yang sama, beliau tergerak untuk menjadi relawan. Merasakan kelaparan hingga kesulitan membayar uang sekolah pernah dialaminya sehingga beliau tidak ingin orang lain merasakan hal yang sama.

Oleh karena itu, pada Januari 2013, bersama kedua temannya, Roel Mustafa dan Doni Aryanto, mereka mendirikan Sekolah Relawan. Sekolah ini hadir sebagai wadah edukasi bagi para relawan yang hendak terjun ke lapangan untuk membantu korban bencana. Baik itu evakuasi, penyaluran bantuan, hingga pemberdayaan masyarakat terdampak agar dapat bangkit dan menjalani hidup dengan normal kembali.

Berkat dedikasinya, Ahmad Bayu Gawtama mendapatkan penghargaan kategori kontribusi kerelawanan dalam bidang kemanusiaan pada ajang Humanity Awards 2021 yang telah berlangsung 15 Desember kemarin di Hotel Millennium Sirih Jakarta.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561