Aksi Human Initiative Terhadap Terdampak Gempa Pandeglang

Aksi Human Initiative Terhadap Terdampak Gempa Pandeglang

15 Januari 2022

Gempa bumi yang terjadi di wilayah Banten Selatan pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05 WIB lalu menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitude 6,6 SR. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7,21 LS; 105,05 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 Km arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 Km.

Akibat guncangan ini, sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Seperti di Kabupaten Pandeglang terdapat 27-unit rumah, 5-unit sekolah (MTS 3, MAN 4, SDN 3, SDN Ujung, SDN 2 Cigondrong), 1-unit puskesmas, dan 1-unit pabrik yang rusak.

Di Kabupaten Serang, 4-unit rumah tercatat rusak sedang. Sedangkan di Kabupaten Lebak 1 orang mengalami luka ringan, 2-unit sekolah rusak (MAN 3 Lebak, Madrasah Ibtidaiyah). Tercatat pula 5-unit rumah mengalami kerusakan berat. Gempa yang berpusat di wilayah Banten itu juga turut terasa sampai ke beberapa wilayah. Mulai dari DKI Jakarta, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Bogor, hingga wilayah Lampung Barat.

Berdasarkan kejadian ini relawan Human Initiative segera memberikan respons kebencanaan berupa koordinasi dengan relawan lokal, BPBD dan pemerintah setempat. Sebagai tindakan preventif dari berbagai resiko yang lebih tinggi dalam menghadapi gempa, Human Initiative juga mengambil langkah untuk melakukan penyebaran informasi dan edukasi tentang gempa di Desa Citeureup, Pandeglang.

Dari hasil pendataan dan koordinasi, salah satu kebutuhan yang paling mendesak bagi para terdampak gempa Pandeglang saat ini adalah sejumlah logistik. Ke depannya tim akan terus melakukan pendataan dan koordinasi dengan semua pihak terkait supaya bisa memberikan respon lebih baik kepada para terdampak.

Sahabat Inisiator bisa bergabung dalam tim untuk memberikan bantuan melalui website Solusi Peduli. Bantuan yang Sahabat Inisiator salurkan nantinya akan dibelikan logistik untuk para terdampak gempa. Yuk kita sama-sama berdoa untuk kebaikan saudara kita yang terdampak semoga mereka mendapatkan kekuatan dan kemudahan dalam menghadapi cobaan ini.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561