Apa Itu Qurban? Sahabat Inisiator Harus Tau Ini

Apa Itu Qurban? Sahabat Inisiator Harus Tau Ini

4 Mei 2022

Assalamualaikum Sahabat Inisiator. Setiap tahun kita akan sampai kepada suatu bulan yaitu Dzulhijjah. Dalam bulan tersebut tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah, terdapat sebuah hari besar ummat Islam dimana pada hari tersebut kita disyariatkan untuk Berqurban.  Pada hari itu, ummat Islam melaksanakan sebuah ibadah yang tujuan utamanya adalah mendekatkan diri kepada Allah. Apa Itu Qurban? “Qurban” secara bahasa bermakna “Dekat”. Sehingga amal ibadah qurban tentu harus diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bagaimanakah kedudukan ibadah Qurban di sisi Allah Subhanahu Wata’ala?

 

Ibadah Qurban memiliki kedudukan yang mulia, walaupun secara nilai, ibadah ini bernilai sedekah. Artinya, pada hari itu kita membagikan daging Qurban kepada yang membutuhkan. Namun Berqurban di hari Adha lebih Allah sukai daripada sedekah dengan nilai yang sama dengan hewan Qurban. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Qoyyim Rahimahullah, “penyembelihan yang dilakukan pada waktu mulia lebih baik dari pada sedekah senilai penyembelihan tersebut.”

 

Dengan demikian, berqurban dengan hewan qurban lebih baik dari nilai sedekah. Namun, kita harus ingat, bahwa tujuan berqurban semata-mata adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengejar predikat orang yang bertaqwa. Hal ini sebagaimana firman Allah yang artinya:

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untuk-mu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Hajj :37)

 

Di samping itu, salah satu Hikmah BerQurban adalah untuk meneladani Nabi Ibrahim Alaihissalam. Ketika itu Allah mengujinya dengan memberikan perintah melalui mimpi untuk menyembelih Nabi Ismail Alaihissalam. Namun, di tengah Nabi Ibrahim dan Ismail sedang bersabar serta taat dalam perintah Allah, tiba-tiba Allah ganti posisi Nabi Ismail dengan seekor domba sebagai sembelihan. Maka, berqurban juga mengajarkan kita untuk dapat bersabar dengan ketentuan Allah dan perintah Allah, karena Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

Sahabat Inisiator, demikianlah sedikit berbagi ilmu seputar berqurban, semoga Allah memberikan kita kemudahan dalam melaksanakan ibadah Qurban di tahun ini. Dengan demikian, mudah-mudahan Allah memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa, Aamiin.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667