Apa Kabar Semeru Hari Ini: Sebuah Pesan Manis dari Bu Rumini, Penyintas Erupsi Semeru

Apa Kabar Semeru Hari Ini: Sebuah Pesan Manis dari Bu Rumini, Penyintas Erupsi Semeru

30 Januari 2022

Banjir lahar kembali menerjang aliran Semeru, tepatnya di Besuk Lanang Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo. Banjir lahar ini terjadi tepat setelah hujan lebat mengguyur Gunung Semeru sejak Jum’at, 28 Januari 2022.

Karena peristiwa ini, BPBD Lumajang mengimbau para warga yang berada di dekat area aliran sungai, tepatnya yang dekat dengan area aliran banjir lahar Gunung Semeru untuk selalu waspada, khususnya saat terjadi banjir lahar. Adapun status Gunung Semeru masih berada pada level siaga (Level III) hingga saat ini.

“Kami mengimbau para warga untuk selalu waspada dan menginformasikan telah terjadi hujan di atas Gunung Semeru serta banjir lahar. Harap masyarakat yang berada di sekitar DAS yang dialiri banjir lahar untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Patria Dwi Hastiadi selaku Kepala BPBD Kabupaten Lumajang.

Selain itu, warga juga diminta untuk tidak mendekati bantaran sungai sejauh 500 meter di sepanjang sungai yang berhulu dari Gunung Semeru jika suatu saat banjir lahar terjadi lagi.

 

Sebuah Pesan Manis dari Bu Rumini, Penyintas Erupsi Semeru

Sebuah Pesan Manis dari Bu Rumini, Penyintas Erupsi Semeru

Sahabat Inisiator, Ibu dengan senyum cerah di bingkai ini bernama *Bu Rumini. Ia adalah salah satu penyintas Semeru yang banyak kehilangan harta benda semenjak erupsi terjadi. Bersama kedua anaknya, Ibu Rumini tinggal di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur.

Sehari-hari, Ibu Rumini mengandalkan warung dagangannya sebagai mata pencaharian harian. Kini, rumah, warung, bahkan kendaraan miliknya sudah tidak ada lagi akibat tersapu abu vulkanik.

“Alhamdulillah, meski banyak yang hilang, namun saya dan anak-anak saya banyak mendapatkan bantuan dari teman-teman. Sekarang bisa tinggal di rumah kontrakan ini saya merasa begitu bersyukur”

Sahabat Inisiator, Ibu Rumini adalah salah satu penerima manfaat kebaikanmu. Ibu Rumini menjadi penerima manfaat program hunian sementara dalam bentuk fasilitas Rumah Sewa.

Terima kasih ya, Sahabat Inisiator sudah menyediakan hunian yang lebih nyaman untuk keluarga Ibu Rumini. Yuk, bersama Human Initiative kita bantu lebih banyak lagi penyintas Semeru dengan cara berdonasi ke Solusi Peduli.

 

*nama disamarkan untuk melindungi identitas penerima manfaat

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561