AWS Indonesia Bersama Human Initiative, Kolaborasi Wujudkan Harapan Para Penyintas Gempa Cianjur

AWS Indonesia Bersama Human Initiative, Kolaborasi Wujudkan Harapan Para Penyintas Gempa Cianjur

16 Januari 2023

Cianjur – Menutup tahun 2022, Amazon Web Services (AWS) Indonesia bersama Human Initiative berkolaborasi wujudkan harapan para penyintas gempa Cianjur dengan menyalurkan bantuan kebaikan di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat (27/12/2022). 

Bantuan kebaikan yang diserahkan secara simbolik oleh AWS Indonesia kepada Pemerintah Daerah Cianjur, Jawa Barat, meliputi 130 Rumah Senyum untuk 130 KK (hunian sementara untuk penyintas), 283 shelter kits dan bedding kits, 7 unit toilet darurat, bantuan nontunai untuk 1.000 keluarga, serta layanan psikososial. 

 

  

Alhamdulillah, bantuan dari Amazon Web Services Indonesia sudah terdistribusi untuk para penyintas gempa Cianjur di Kp. Tunggilis, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet,” kata Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative. 

Tomy melanjutkan, bantuan-bantuan yang AWS Indonesia berikan merupakan harapan para penyintas gempa dalam pemenuhan kebutuhan harian. Mengingat dari sisi psikologis, tidak mudah bagi para penyintas menjalani keseharian mereka. Terutama di akhir dan awal tahun yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya. AWS Indonesia sebagai perusahaan platform cloud, juga berharap bantuan kebaikan yang disalurkan melalui Human Initiative dapat memenuhi kebutuhan dasar masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Proses Pembangunan Rumah Senyum (Huntara)

“Pas banget, musim hujan gini dapat kasur dan terpal,” ujar salah satu warga setelah mendapatkan bantuan tersebut. 

 Early Recovery Pasca Gempa Cianjur

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengabarkan gempa bumi magnitudo 5,6 telah mengguncang wilayah Cianjur-Jawa Barat pada Senin, 22 November 2022, pukul 13.21 WIB. 

Pusat gempa terletak di 6,84 LS dan 107,5 BT pada kedalaman 10 km, tidak berpotensi tsunami. Tidak lama, Bupati Cianjur menetapkan SK Tanggap Darurat hingga 20 Desember 2022. 

 

 

Setelah melaksanakan respon kegawatdaruratan, Human Initiative kembali mengawali tahun dengan kebaikan. Human Initiative mengajak Sahabat Inisiator melanjutkan perjuangan untuk mendukung pemulihan pascabencana gempa bumi Cianjur dengan program Early Recovery #PeduliGempaCianjur 2023. 

Inisiasi program kebaikan ini berdasarkan putusan Bupati Cianjur yang menetapkan masa transisi darurat bencana alam gempa bumi. Masa transisi tersebut berlangsun selama 90 hari, mulai dari 21 Desember 2022 sampai dengan 20 Maret 2023. Early Recovery #PeduliGempaCianjur dilaksanakan dengan tujuan memulihkan kondisi masyarakat, agar memperoleh penghidupan yang layak meliputi tempat tinggal dan perbaikan perekonomian.

Sahabat Inisiator, bagi kalian yang ingin tetap berpartisipasi untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Cianjur, dapat mengunjungi Solusipeduli.org. Terima kasih atas inisiatif baik kalian.

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561