Bagaimana Kondisi Anak-Anak Pasca Longsor Sumedang Saat ini?

Bagaimana Kondisi Anak-Anak Pasca Longsor Sumedang Saat ini?

3 Februari 2021

Human Initiative bersama Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) kunjungi Para Penyitas Longsor Sumedang di Rusunawa Rancaekek, Bandung.

Foto : Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) membersamai anak-anak di Rusunawa, Rancaekek.

Rancaekek: Human Initiative berkesempatan mendampingi pihak Komisi Nasional Perlindungan Anak  (Komnas PA) mengunjungi Penyintas bencana longsor Sumedang di Rusunawa Rancaekek. Kunjungan ini sekaligus melakukan Layanan Psikososial kepada anak-anak yang saat ini telah kehilangan tempat tinggal, dan keluarga tercinta mereka.

Dalam kunjungan tersebut turut juga hadir Kepala Pengelola Rusunawa Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar), Sekretaris Kecamatan Desa Cimanggung, beserta jajaran Aparatur dan Perangkat Desa Cihanjuang.

“Informasi sementara menyebutkan bahwa untuk saat ini baru terdapat 12 Kepala Keluarga yang telah direlokasi ke Rusunawa Rancaekek Kab. Bandung sejak hari Sabtu 29 Januari dari total sebanyak 86 KK atau 286 jiwa yang termasuk kategori zona merah, dan diperkirakan akan terus bertambah,” ujar Nasam selaku Sekretaris Cimanggung.

Kepala Rusunawa Rancakek, Nina Sriyati, menyebutkan saat ini terdapat sekitar 20 anak Penyintas Longsor Sumedang yang sudah tinggal. Dengan kategori usia 0-5 tahun sebanyak 5 orang dan 15 orang sisanya 6-13 tahun. Dengan rasa trauma akibat bencana yang dialami oleh mereka sebelumnya, tentunya anak-anak begitu membutuhkan ruang bermain dan dukungan psikososial.

Dalam kunjungannya kali ini, Arist Merdeka Sirait selaku Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) juga ikut menyapa dan menghibur anak-anak penyintas Bencana Longsor Sumedang dengan penuh kehangatan dan dukungan moril bagi segenap keluarga yang Terdampak. Beliau juga menekankan pentingnya memberikan bantuan berdasarkan kebutuhan dasar bagi anak-anak. Juga menekankan pentingnya memberikan bantuan berdasarkan kebutuhan dasar bagi anak-anak.

Foto : Kebersamaan Human Initiative dengan para penyitas di Rusunawa, Rancaekek.

Di sisi lain, Team Human Initiative bersama team Komnas PA dan Askrindo Jabar juga ikut menghibur anak-anak dengan bercerita dengan buku-buku menarik yang tersedia di Mobil Pintar. Aktifitas bermain dan bersua foto bersama juga ikut turut meringankan beban moril yang Penyintas bencana Longsor.

Sahabat inisiator, harapannya kedepan semoga anak anak dan keluarga penyintas longsor Sumedang ini segera mendapatkan hunian tetap kembali agar mereka kembali bisa merajut asa dan meraih masa depan gemilang. Yuk mari dukung terus, dan kuatkan sesama.

 

Sumber Data :

Human Initiative Jawa Barat

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667