"> "> "> BANANA CHIPS BERBAGAI VARIAN RASA ALA NJB TARGETKAN PASAR MILLENIAL - Human Initiative
BANANA CHIPS BERBAGAI VARIAN RASA ALA NJB TARGETKAN PASAR MILLENIAL

BANANA CHIPS BERBAGAI VARIAN RASA ALA NJB TARGETKAN PASAR MILLENIAL

14 Februari 2020

Rabu (12/2) bertempat di Desa Kp. Pinang Kel. Lambung Bukik, Kec. Pauh telah dilaksanakan pelatihan pemberdayaan masyarakat kelompok Nago Jaya Berkah (NJB). Berangkat dari masalah kurangnya minat pembeli terhadap kripik pisang biasa, membuat ibu-ibu kurang semangat dalam mengolah produk. Oleh karena Itu, Human Iniative mengundang R&D Cambia Food, Amelia Putri, S.TP untuk melakukan inovasi produk bersama anggota Nago Jaya Berkah.

“Kripik Pisang dari jaman dulu, ya begini-begini saja. Saatnya kita sesuaikan dengan selera pasar. Bonus demografi atau banyaknya usia millenial yang menguasai pasar harus kita ambil peluangnya” ujar Amelia membuka diskusi.

Dengan menawarkan konsep varian rasa untuk kripik pisang, membuat ibu-ibu bersemangat mengikuti pelatihan. Dua orang ibu-ibu NJB berinisiatif menebang pohon pisang kepok dan mengambil buahnya setandan. Kemudian pisang dikupas dan dijadikan kripik. Sampailah pada tahap pemberian rasa, mengoleskan beberapa varian di antaranya; rasa coklat, strawberry, dan tiramisu serta rasa lainnya. Proses ini cukup memakan waktu karena harus menunggu coklatnya kering baru bisa dikemas.
“Seharusnya kita mulainya lebih awal ya, Biar coklatnya cepat mengering” celetuk Bu Enong selaku ketua kelompok.

Di akhir kegiatan, ibu-ibu yang mengikuti pelatihan hari ini begitu bahagia karena bisa membawa hasil karya mereka ke rumah masing-masing. “Kita baru tau ternyata ini bisa diterapkan di kripik pisang juga ya, anak saya langsung bawa contoh produknya ke sekolah sore ini untuk ditawarkan ke teman-teman” Ujar Ibu Amanda dengan bangga.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667