Banjir di Sintang, Kalimantan Barat Belum Surut Sejak Satu Bulan Lalu

Banjir di Sintang, Kalimantan Barat Belum Surut Sejak Satu Bulan Lalu

23 November 2021

Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu, 6 November 2021, menyebabkan banjir di Kabupaten Sintang hingga ketinggian 1–3 meter. Banjir ini sudah berlangsung selama satu bulan terhitung sejak Oktober 2021. Hingga Sabtu, 20 November 2021, banjir di Kabupaten Sintang sudah mencakup 12 kecamatan dengan jumlah penyintas mencapai lebih dari 25 ribu orang.

Kawasan yang paling parah terdapat di 2 kecamatan, yakni Kayan Hilir dan Sintang. Adapun ketinggian banjir di Sintang mencapai 100-300 sentimeter walaupun di beberapa lokasi berangsur surut hingga 50 cm. Namun, masih ada tujuh kecamatan di Sintang yang masih terendam. Tujuh kecamatan itu di antaranya Dedai, Kelam Permai, Binjai Hulu, Ketungau Hilir, Sempauk, Tempunak, dan yang terparah adalah Kecamatan Sintang.

 

Aksi Human Initiative Terhadap Terdampak Banjir Sintang

Para relawan Human Initiative bersama relawan setempat, ikut turun ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan sembako yang telah Sahabat Inisiator amanahkan. Adapun bantuan lain yang juga tersalurkan, antara lain paket alat kebersihan diri, paket alat kebersihan rumah, serta kebutuhan air bersih.

Aksi Human Initiative Terhadap Terdampak Banjir Sintang

Dari 100 paket sembako yang sudah dan akan didistribusikan, sampai hari ini totalnya sebanyak 73 paket. Sementara itu, wilayah pendistribusian paket sembako tersebut, antara lain Desa Ulak Jaya, Desa Kapuas Kanan Hilir dan Hulu, serta yang paling banyak terdapat di Desa Sungai Ana. Satu paket sembako terdiri dari 5 kg beras, 1 minyak goreng, 10 butir telur, 1 kg gula pasir, dan 1 kg kecap.

Terima kasih Sahabat Inisiator, bantuan kalian sangat meringankan beban warga terdampak banjir di Sintang. Bagi Sahabat Inisiator yang masih ingin memberikan kontribusinya, kalian bisa kunjungi Solusi Peduli ya. Semoga kebaikan kalian semua dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667