Bantu Dirikan TPA untuk Anak-Anak di Pedalaman

Bantu Dirikan TPA untuk Anak-Anak di Pedalaman

3 Januari 2022

Watan Pao, Desa Bloto merupakan satu dari 21 desa dan kelurahan dengan penduduk muslim terbesar yang ada di Kecamatan Adonara Timur, kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Namun, di desa ini masih kekurangan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) untuk tempat belajar agama.

 

Bantu Dirikan TPA untuk Anak-Anak di Pedalaman

Sebagai desa dengan populasi muslim paling banyak, seiring berjalannya waktu, orang-orang di sini mulai mempelajari agama dan berbondong-bondong turut menjadi mualaf.

Namun, hal ini tidak mendapatkan dukungan dengan baiknya kondisi fasilitas pembelajaran. Banyak fasilitas yang masih kurang mendukung proses pembelajaran agar bisa terlaksana dengan baik. Jauhnya jarak sekolah muslim yang ada di Adonara Timur mengharuskan anak-anak untuk bersekolah di wilayah terdekat yang notabene-nya adalah non-muslim.

Pelajaran agama yang kurang, membuat mereka harus belajar di luar sekolah yaitu dengan belajar agama di Masjid Desa. Masjid Al-Hidayah adalah satu-satunya Masjid terbesar yang ada di wilayah Watan Pao, Desa Bloto Kecamatan Adonara Timur, Nusa Tenggara Timur. Tak ada ruang khusus untuk 32 orang siswa yang setiap hari belajar dari sehabis Ashar sampai Maghrib ini.

Masjid yang dulunya kecil, perlahan diperbesar karena daya tampung sudah tak memadai lagi. Kini, pembangunan belum usai, karena keterbatasan dana membuat Masjid harapan warga ini tersendat.

Pembangunan lanjutan ini masih memerlukan biaya tambahan yang cukup besar. Sedangkan lokasi desa dan akses jalan yang jauh membuat biaya pembangunan masjid memakan dana yang tidak sedikit.

Tak hanya kebutuhan pembangunan, untuk menunjang pembelajaran agama dan pembangunan Taman Pembelajaran Al-Qur’an (TPA). Mereka juga memerlukan berbagai perlengkapan mengaji seperti Al-Qur’an, buku Iqra, alat tulis dan perlengkapan penunjang lainnya.

Sahabat Inisiator bisa berpartisipasi melakukan gotong royong dengan warga Watan Pao, Desa Bloto untuk membangun fasilitas pendidikan agama di desa ini dengan menyumbang sebagian harta untuk kebutuhan pembangunan Masjid dan perlengkapan penunjang pembelajaran di Solusi Peduli.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua (pahala) amal perbuatannya tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh/saleha yang mendoakannya.”

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667