Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Yatim Akibat Covid-19

Bantuan Kemanusiaan untuk Anak Yatim Akibat Covid-19

1 September 2021

Jakarta – Human Initiative menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada anak yatim akibat covid-19 di Jabodetabek, pada tanggal 16 Agustus 2021.

Pandemi covid-19 telah melanda Indonesia memasuki  tahun kedua. Semua masyarakat merasakan dampak dari pandemi ini. Tak terkecuali anak anak. Banyak dari mereka yang menjadi yatim karena kehilangan orang tuanya akibat covid-19.

Human Initiative merupakan organisasi kemanusiaan memiliki konsen pada program perlindungan anak. Berdasarkan hal tersebut, Human Initiative menyalurkan paket bantuan bagi anak yatim yang orang tuanya meninggal dunia akibat covid-19. Rentang usia anak yang menerima manfaat yaitu berusia 4 – 17 tahun.

Paket Bantuan Kemanusiaan Peduli Yatim Akibat Pandemi

Bantuan Kemanusiaan dalam Bentuk Pendidikan

Paket bantuan kemanusiaan yang diberikan berupa uang saku pendidikan, paket makanan, hygiene kit, dan APD berupa masker dan hand sanitizer. Penyaluran bantuan berlangsung dua hari pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2021.

Ada 22 titik wilayah di Jabodetabek yang menjadi tempat penyaluran bantuan kemanusiaan, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 39 anak. Pada Minggu (15/8) dilakukan penyaluran di 12 titik. Kemudian Senin (16/8) dilakukan penyaluran di 10 titik.

Penyaluran secara door-to-door ke masing-masing rumah anak yatim di wilayah Jabodetabek ini terselenggara dengan baik. Ada 3 orang relawan dari Human Initiative yang ikut menyalurkan bantuan tersebut.

Salah satu penerima manfaat, Azril Rahandrika (usia 4 tahun) sangat senang dan semangat langsung membuka paket bantuan dari Relawan Human Initiative, “Ia tersenyum dan sangat bergembira dengan paket tersebut. Azril sendiri sudah tak memiliki Ibu, karena sang Ibunda telah wafat beberapa waktu lalu akibat covid-19,” ujar Salimah Relawan Human Initiative.

Kegiatan penyaluran berjalan lancar, meskipun sempat terjadi kendala kesulitan mencari alamat rumah yatim yang beragam. Ada yang berada di gang-gang kecil, ada juga yang masuk perkampungan padat, dan lain-lain.

Semua itu tidak mengurangi semangat tim relawan menyalurkan amanah dari para Sahabat Inisiator yang telah mendonasikan bantuannya untuk anak yatim akibat covid-19. “Perjuangan mencari alamat di sudut kota Jakarta terbayar lunas ketika anak-anak yatim dan keluarganya menyambut dengan senyum kebahagiaan, saat menerima paket bantuan,” Sambung Salimah.

Sebagai Informasi, Human Initiative memiliki program Orang Tua Asuh (OTA), yakni bantuan pendidikan dan pendampingan untuk anak yatim akibat covid-19 dengan konsep orang tua asuh atau kaka asuh, dengan pola partisipatif dan kolaboratif, dengan membentuk keluarga dan lingkungan ramah anak. Dan pada kesempatan ini Human Initiative mengajak, Yuk Sahabat Inisiator mari bergabung dalam program OTA Human Initiative. 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561