"> "> "> BBP2TP Kota Bogor Jawa Barat Kunjungi Rumah Produksi UKM Sinar Mulya - Human Initiative
BBP2TP Kota Bogor Jawa Barat Kunjungi Rumah Produksi UKM Sinar Mulya

BBP2TP Kota Bogor Jawa Barat Kunjungi Rumah Produksi UKM Sinar Mulya

5 Mei 2018

Bogor – Kepala Seksi Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kota Bogor Drs. Hadi Mulyono Di dampingi oleh Iman Priyadi, SP staf seksi kerjasama BBP2TP serta perwakilan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung yakni Rahadian Mawardi, SP dan Ir. Ratna Wilys Arief,MTA. Melakukan kunjungan ke rumah produksi UKM Sinar Mulya, Kamis (4/5). Kunjungan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kota Bogor tersebut dalam rangka agenda Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan di Kantor BPTP Lampung.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung telah melakukan kerjasama dengan PKPU Human Initiative dalam bentuk pendampingan teknologi. Kesepakatan kerjasama tersebut telah dijalin sejak awal tahun 2017 sampai tahun 2018 melalui penandatanganan nota kesepemahaman antar kedua lembaga tersebut. Kerjasama tersebut ditujukan untuk pemberdayaan masyarakat guna membangun kemandirian.

Program pemberdayaan yang telah dilaksanakan selama satu tahun dan sudah masuk tahun kedua ini merupakan kerjasama pembangunan Industri masyarakat bidang pertanian olahan bahan baku Melinjo di Kelurahan Keteguhan Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung.
Lingkup kegiatan meliputi pendampingan dalam membentuk, meningkatkan serta mendorong aktivitas kelompok usaha (manajemen kelompok) dan pembinaan dalam hal mutu produk serta pemasarannya.

BPTP Lampung dalam kurun waktu terakhir ini aktif terlibat mendampingi pada Pengolahan pasca panen produk berbahan baku melinjo, yang mana Melinjo merupakan salah satu hasil pertanian yang melimpah didaerah tersebut.

Dalam Kunjungan Drs. Hadi Mulyono menyampaikan bahwa BPTP Lampung senantiasa siap untuk mendampingi dari sisi teknologi budidaya pertanian maupun pengolahan pasca panen. “Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini , walaupun memang perlu sedikit tambahan saran yang membangun agar usaha ini lebih baik lagi. “ ujar nya .

Kegiatan kunjungan tersebut juga diisi dengan pemaparan oleh ketua Produksi Ibu Maymunah seputar Profil UKM Sinar Mulya, mulai dari pengorganisasian kelompok, perencanaan usaha dengan Business Model Canvas (BMC), hingga standar produksi. Rumah Produksi tersebut bertempat di Kelurahan Keteguhan dan dikelola sepenuhnya oleh UKM Sinar Mulya, kelompok usaha yang dibentuk oleh PKPU Human Initiative sejak tahun 2017 lalu.

Pada awalnya PKPU Human Initiative melihat besarnya potensi melinjo di Kelurahan Keteguhan yang belum dikelola secara optimal oleh masyarakat. Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang memiliki pendapatan yang rendah. Berangkat dari hal tersebut kemudian mendorong masyarakat untuk mengolah potensi melinjo di wilayahnya menjadi industri pangan olahan khas daerah.

Selain melakukan kunjungan di rumah produksi, Drs. Hadi Mulyono juga membawa beberapa sampel produk UKM Sinar Mulya untuk diperkenalkan di kantor BBP2TP Kota Bogor.

”Saya mau bawa beberapa sampel produk untuk saya perkenalkan di kantor” ujarnya.

Agenda kunjungan tersebut ditutup dengan berfoto bersama antara KaSie Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Kota Bogor Drs. Hadi Mulyono Di dampingi oleh Iman Priyadi, SP staf seksi kerjasama BBP2TP serta perwakilan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung Beserta Kelompok UKM Sinar Mulya. (Dimiyati/Gie)

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667