Bedah Masjid Miftahul Huda, Tempat Ibadah di Dusun Sintoh

Bedah Masjid Miftahul Huda, Tempat Ibadah di Dusun Sintoh

13 Januari 2022

Masjid Miftahul Huda merupakan masjid di Dusun Sintoh, Desa Gantang, Sawangan, Kab. Magelang. Letaknya jauh dari perkotaan. Akses menuju ke masjid ini pun sangat terjal, dan medannya berat karena selain menanjak banyak sekali tikungan tajam. Padahal, keberadaan masjid sangat penting bagi umat Muslim, khususnya di desa ini.

Sejatinya, masjid merupakan tempat beribadah para pemeluk agama Islam. Beberapa tempat lain yang memiliki fungsi sejenis dengan masjid antara lain langgar, surau, atau lebih akrab dengan sebutan musala. Biasanya, musala ini berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan masjid dan tidak bisa digunakan untuk iktikaf serta Salat Jum’at.

Selain fungsi utamanya sebagai tempat menunaikan ibadah, masjid juga dapat diperuntukkan untuk perkumpulan komunitas Muslim. Mulai dari kajian agama rutin, ceramah, belajar Al-Qur’an, diskusi keagamaan, serta perayaan hari besar umat muslim.

Meski hadirnya masjid di suatu daerah begitu penting, beberapa daerah pelosok seperti Dusun Sintoh nyatanya memiliki bangunan masjid yang jauh dari kata layak. Sekarang, masjid tersebut sedang dalam renovasi. Tetapi karena satu dan lain hal sehingga harus terhenti sementara, dan juga wilayahnya kesulitan air bersih. Kebutuhan masjid yang paling utama adalah program pipanisasi dengan jarak kurang lebih 2 km dari titik mata air terdekat, dan juga pembangunan tahap lanjut sampai selesai.

Warga setempat harus selalu membersihkan masjid dari puing-puing bangunan agar bisa melaksanakan Salat Jum’at berjamaah. Hal ini karena letak masjid dusun sebelah sangat jauh dari pemukiman warga dusun Sintoh.

Sahabat Inisiator, yuk kita ikut bantu pembangunan Masjid Miftahul Huda dengan mengunjungi Solusi Peduli. Semoga dapat menjadi amal jariyah kalian semua di Hari Akhir nanti.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667