"> "> "> Berkah Zakat, Warga lampung dapat melaksanakan Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP). - Human Initiative
Berkah Zakat, Warga lampung dapat melaksanakan Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP).

Berkah Zakat, Warga lampung dapat melaksanakan Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP).

26 Desember 2019

Bandar Lampung (21/12/2019) bertempat di aula kantor kelurahan keteguhan Teluk Betung Timur Bandar Lampung YBM PLN bersama Human Initiative melakukan agenda “Rembuk Warga” Program pemberdayaan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat kepada 20 orang penerima manfaat Keluarga Multi Penghasilan (KMP).

Kegiatan Rembug Warga tersebut dihadiri oleh Bapak Sayuti sebagai Bapak Lurah di kelurahan Keteguhan serta beberapa perwakilan RT serta Kepala Lingkungan setempat.
Secara umum tujuan program Keluarga Multi Penghasilan (KMP)ini diharapkan masyarakat mempunyai penghasilan lain selain pekerjaan utama atau penerima manfaat dapat meningkatkan angka kesejahteraan dalam keluarga. Sebelum melakukan rembug warga Fasilitator sebelumnya tengah melakukan assessement ke beberapa warga kelurahan keteguhan hal ini dalam rangka melihat kesesuaian serta kelayakan Calon Penerima Manfaat pada program ini, hingga akhirnya terpilih 20 orang Penerima Manfaat yang dinyatakan layak untuk menerima bantuan dari program tersebut

 

Adapun tujuan dari Rembug Warga yakni menggali motivasi serta cita-cita penerima manfaat yang telah terpilih menerima bantuan pada Program Keluarga Multi Penghasilan (KMP). Bapak Sayuti selaku Lurah di Kelurahan keteguhan mengucapakan terimkash banyak kepada YBM PLN dan Human Initiative atas kepedulianya kepada warganya ,beliau berharap kepada penerima manfaat yang telah terplipih menerima program ini dapat benar-benar menjalankan dengan sebaik-baiknya serta amanah”ujarnya.

Selain menggali motivasi serta impian penerima manfaat Fasilitator mengarahkan para peneriman manfaat untuk mulai berfikir membuat mini bisnis plan, sehingga sebelum pemberian modal dilakukan para penerima manfaat sudah membuat masing-masing mini bisnis plan mereka.

Kegiatan rembug warga diakhiri dengan membentuk 2 kelompok dari masing-masing penerima manfaat dan dipilih ketua kelompok dari masing-masing kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 10 orang, hal ini bertujuan selain memudahkan untuk berkoordinasi juga memetakan penerimaan manfaat berdasarkan jenis usahanya untuk memudahkan saat pendampingan kedepan, selain itu kegiatan rembug juga diakhiri dengan pengisian Baseline survey (BLS) bagi para penerima manfaat.

Rencana tindak lanjut dari program ini yakni dalam waktu dekat akan memulai tahapan selanjutnya dari proses program KMP yakni pemberian beberapa pelatihan-pelatihan tentang perencanaan bisnis.

(KMP/desy/Lampung)

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667