Cahaya Qurban di Oebelo: Kisah Inspiratif keluarga Fatmawati

Cahaya Qurban di Oebelo: Kisah Inspiratif keluarga Fatmawati

13 Mei 2024

Di Desa Oebelo, Nusa Tenggara Timur, sebuah wilayah yang memiliki jumlah penduduk sekitar 1000 KK dengan jumlah muslim hanya 18 KK,tinggallah Fatmawati, seorang ibu dengan tiga orang anak. Suaminya telah tiada sejak tiga tahun lalu, dan sejak saat itu, Ibu Fatmawati berjuang sendirian untuk menghidupi keluarganya.

Setiap hari, anak-anak ibu Fatmawati berjuang untuk bersekolah dengan berjalan sejauh 12 km. sebutlah ahmad dan Fani, yang dengan semangat setiap hari bersekolah dan membantu ibunda untuk dapat menyambung hidup keluarga. Senyum merekah ketika Afif, salah seorang relawan kami berkunjung langsung ke kediaman mereka. “ sudah biasa kakak, pulang pergi setiap hari sekolah,” tuturnya penuh semangat.

Kehidupan di desa ini penuh dengan keterbatasan. Makan daging merupakan hal yang langka, hanya bisa dinikmati saat ada pesta seperti aqiqah atau pernikahan. Ibu Fatmawati sendiri memiliki beberapa ternak, namun ia tak pernah menikmatinya. Ternak-ternak itu dijual sehingga ibu Fatmawati mendapatkan keuntungan untuk menghidupi keluarganya.

Meskipun hidup dalam keterbatasan, Ibu Fatmawati tak pernah patah semangat. Ia bekerja keras bertani jagung dan asam,berharap panennya bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kali ini, panen jagungnya membuahkan hasil. Jagung yang telah dipanen pun dapat dimanfaatkan untuk berjualan, setelah sekian lama masa panen tak kunjung tiba.

Kisah Ibu Fatmawati dan keluarganya di Desa Oebelo adalah pengingat bagi kita tentang arti perjuangan dan rasa syukur. Di tengah keterbatasan, mereka tetap tegar dan optimis dalam menjalani hidup.

Idul Adha tahun ini, mari kita sebarkan kebahagiaan melalui momen Qurban. Sahabat Inisiator dapat berqurban bersama Human Initiative, menjangkau pelosok negeri seperti Desa Oebelo, dan membawa keceriaan di Hari Raya Idul Adha.

Sahabat Inisiator, mari jadikan qurban kita tahun ini sebagai momen untuk membawa perubahan dan menebar kebaikan kepada mereka yang membutuhkan. Untuk mendapatkan info program Qurban Human Initiative tahun ini, silahkan berkunjung ke human-initiative.org/qurban.

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561