"> "> "> Ciptakan Wirausaha Baru Lewat Program Wirausaha BJB Angkatan VI - Human Initiative
Ciptakan Wirausaha Baru Lewat Program Wirausaha BJB Angkatan VI

Ciptakan Wirausaha Baru Lewat Program Wirausaha BJB Angkatan VI

23 Februari 2020

Survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), 5 November 2019, menyatakan tingkat pengangguran di Jawa Barat naik dari persentase 7,73 persen per Februari 2019 menjadi 7,99 persen per Oktober 2019. Jumlah pengangguran pada Februari 2019 tercatat 6,82 juta orang Kenaikan jumlah pengangguran, disebabkan paling banyak oleh maraknya penutupan dan pindahnya pabrik ke provinsi lain. Dari data terakhir, tercatat ada 140 pabrik pindah dari Jawa Barat.

Untuk mengurangi angka pengangguran dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat Jawa Barat, Bank BJB dan Human Initiative Jawa Barat melaksanakan program Pelatihan Wirausaha BJB Angkatan VI. Bertempat di Grand Hotel Asrilia pada (22/2) Launching program tersebut dilaksanakan dan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Tenaga Lerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Bank BJB, Human Initiative Jawa Barat, dan peserta pelatihan.

Kepala bidang penempatan, perluasan tenaga kerja dan transmigrasi
Disnakertrans Jawa Barat Rudibillah mengatakan perlunya kolaborasi antar pihak untuk menciptakan lapangan kerja baik itu dari pihak pemerintah, pelaku usaha, komunitas, hingga media.

“Jika di Jawa Barat saja sekitar 1,9 juta orang usia kerja yang justru menganggur, maka diperlukan sekitar 400 ribu orang per tahun yang seharusnya mengikuti pelatihan kerja agar bisa mandiri. Namun kenyataannya jumlahnya belum mencapai target bahkan satu persennya pun tidak,” ujar Rudibillah.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kiki Rejeki Kepala Cabang Human Initiative Jawa Barat. Sebagai provinsi yang memiliki tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia menurut Kiki pelatihan wirausaha selayaknya bisa menjadi sarana agar masyarakat bisa mandiri dalam berwirausaha.

 

“Pelatihan wirausaha ini sejalan dengan visi misi Human Initiative yang ingin bersama membantu masyarakat dalam mencapai kemandirian. Apalagi di Jawa Barat ini angka pengangguran masih tinggi. Namun peluang untuk menggali potensi usaha di berbagai sektor masih tinggi dah harus terus disesuaikan dengan perkembangan jaman,” ungkap Kiki.

Program wirausaha bank BJB merupakan program tahunan yang dilaksanakan untuk memberikan pelatihan secara gratis. Peserta yang mendaftar secara online untuj taun ini sebanyak 1200 orang. Namun hanya sekitar 200 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti kegiatan Launching dan Wokshop Seminar Motivasi Kewirausahaan, untuk kemudian mengikuti seleksi tahap akhir melalui tes wawancara, hingga terpilih hanya 80 orang peserta pelatihan kewirausahaan BJB angkatan VI.

Program pelatihan yang dilaksanakan di antaranya pelatihan barista, barber, tata rias/salon muslimah, tata busana dan tata boga. Setiap peserta bisa memilih satu dari berbagai pelatihan untuk ditekuni. Pelatihan keahlian wirausaha ini dilaksanakan selama 4 bulan untuk pelatihan keterampilan dan 2 bulan masa sertifikasi keahlian di kantor Human Initative Jawa Barat Jalan Cikutra No. 138 Bandung.

Adapun persyaratan bagi peserta yang mengikuti pelatihan diantaranya pria/wanita yang berusia produktif antara 18-30 tahun, diutamakan bagi masyarakat dengan ekonomi kurang mampu (SKTM) , lulusan SMA/SMK pengangguran, mempunyai tekad dan pengalaman di bidang usaha, dan untuk warga domisi Bandung Raya dan Jawa Barat.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667