Gerakan Hari Sejuta Pohon Sedunia: Mengapa Kita Harus Menanam Pohon?

Gerakan Hari Sejuta Pohon Sedunia: Mengapa Kita Harus Menanam Pohon?

10 Januari 2022

Sahabat Inisiator, seperti yang sudah kita ketahui bersama, di awal tahun ini Indonesia sudah diterpa banyak bencana. Duka Semeru belum usai, Jayapura menyusul dengan kabar banjir. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan salah satu faktor penyebab banjir di Jayapura adalah karena curah hujan yang tinggi diiringi dengan kelembapan udara serta belokan angin di wilayah utara Papua.

Selain beberapa faktor tersebut, sebenarnya ada banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan suatu daerah terkena banjir. Salah satunya adalah menumpuknya volume air di danau atau sungai sampai meluap dan keluar menyebabkan banjir. Hal ini biasanya bertambah parah dengan kurangnya area resapan di daerah tersebut sehingga volume air tidak tertampung dengan baik.

Menanam pohon dapat menjadi salah satu solusi karena bisa menjadi area resapan yang baik. Lahirnya gerakan Hari Satu Juta Pohon Sedunia memiliki tujuan untuk menjaga kelestarian pohon yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain untuk pencegahan banjir, keberadaan pohon juga ibarat paru-paru bumi karena dapat menyerap berbagai macam polutan dan menjadikan udara lebih bersih.

Pada bulan September lalu, Human Initiative bersama dengan Pertamina Sei Siak turut melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove demi menjaga kelestarian bumi. Kegiatan ini berlangsung di Pulau Semut, tepatnya di Limbungan Baru, Riau. Total terdapat 120 bibit mangrove dengan jenis rhizophora yang tertanam di sana.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Lurah Limbungan, Ketua RT, RW, beberapa masyarakat setempat, serta segenap relawan Human Initiative. Para hadirin bahkan dengan sangat antusias ikut terjun langsung melakukan penanaman pohon.

Sahabat Inisiator, ternyata keberadaan pohon memberikan manfaat yang begitu besar ya untuk kelestarian bumi kita. Semoga ke depannya semakin banyak lagi masyarakat yang sadar untuk melakukan penanaman pohon untuk lingkungan yang lebih baik.

Selamat Hari Satu Juta Pohon Sedunia!

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667