Gunawan: Usia Tidak Jadi Batasan untuk Menuntut Ilmu

Gunawan: Usia Tidak Jadi Batasan untuk Menuntut Ilmu

19 November 2021

Allah menerangkan anjuran untuk menuntut ilmu di dalam Al-Quran Q.S. Al-Mujadalah ayat 11:

“Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Menyadari bahwa sebagai umat muslim, menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi seluruh umat Nya baik laki-laki maupun perempuan. Gunawan memutuskan untuk melaksanakan kewajibannya. Tak hanya belajar hal baru, pria yang mengaku tak pernah terjun ke kegiatan semacam ini juga mengeksplor jauh dari hal-hal yang biasa ia lakukan.

 

Gunawan, Peserta Pelatihan Survival

Tidak semua peserta Pelatihan Survival dan Vertical Rescue merupakan relawan dengan jam terbang tinggi di lapangan, salah satunya adalah Gunawan, pria paruh baya itu datang jauh-jauh dari Karawang, Jawa barat untuk menuntut ilmu kebencanaan pertama kalinya.

Dari tidak berpengetahuan mengenai penyelamatan dan evakuasi sama sekali, wawasan dan cakrawalanya mulai terbuka mengenai ilmu ini. Berawal dari ajakan seorang rekan kerja, Gunawan akhirnya datang mewakili Yayasan Sahabat Kemanusiaan untuk menjadikan pelatihan ini sebagai ladang ilmu baru baginya.

Merupakan pertama kalinya mengikuti pelatihan, Gunawan merasa antusias mempelajari berbagai hal yang baru ia temui. Berusaha mengkapasitasi diri untuk terus jadi pahlawan baginya sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

“Setelah ikut pelatihan, (saya) jadi tahu bagaimana cara baca peta, bagaimana bernavigasi darat, penanganan untuk orang terluka, teknik-teknik pengangkatan korban bencana. Semuanya baru bagi saya,” papar Gunawan.

Selain ilmu teori dan praktikal, Pria yang sehari-harinya bekerja turun lapangan untuk mencari donatur yang mau bersedekah ini juga merasa mental dan sikapnya dalam menghadapi berbagai kondisi turut mendpat pelatihan di sini. Kekompakan antar peserta juga terbangun dengan baik.

Kegiatan ini menjelma menjadi wadah mengeksplor diri dan berbagi pengalaman dengan banyak orang baru yang memiliki beragam latar belakang. Terlihat dari peserta datang dari berbagai kelompok usia, suku, pendidikan, dan gender. Gunawan sendiri tidak minder untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan banyak peserta yang usianya jauh lebih muda daripada dia.

Terus semangat belajar ya #SemuaPahlawan karena tantangan di depan semakin besar. Tertarik untuk ikut di kegiatan selanjutnya. Yuk kunjungi website HIVE dan jadi bagian dari barisan volunteer kebaikan.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561