"> "> "> Hadapi Pandemi Covid-19, Human Initiative Kembangkan Lumbung Pangan Warga - Human Initiative
Hadapi Pandemi Covid-19, Human Initiative Kembangkan Lumbung Pangan Warga

Hadapi Pandemi Covid-19, Human Initiative Kembangkan Lumbung Pangan Warga

29 Juli 2020

Yogyakarta – Kala Pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda, warga Kampung Sidobali RW 08, Mujamuju, Yogyakarta, punya cara cerdas untuk bertahan. Yaitu bergotong royong merawat lumbung pangan di wilayah mereka.

Tak hanya berisi sayuran dan buah-buahan, lumbung pangan tersebut juga terdapat budidaya lele di dalam GOS Tank. Tak ayal cara warga Kampung Sidobali RW 08 ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya Human Initiative.

Melalui program Kedaulatan Pangan Masa Covid-19 dari Human Initiative, lumbung pangan milik warga ini mendapatkan bantuan berupa bibit tanaman, planter bag, media tanam, pupuk, dan pakan untuk ternak ikan lele.

Lumbung pangan yang digawangi oleh kalangan bapak-bapak ini juga mendapatkan dukungan dari para ibu dan juga pemuda setempat. Oleh karenanya, kegiatan perawatan lumbung pangan yang terdiri dari penyiraman tanaman, pemberian makan lele, hingga pengurasan kolam dilakukan secara rutin oleh warga secara bergotong-royong.

Letaknya yang berada di tepi jalan kampung membuat lumbung pangan mudah dijangkau siapa saja. Tidak hanya sebagai penyedia kebutuhan pangan warga, lumbung pangan juga menjadi sarana wisata dan edukasi bagi warga sekitar. Setiap sore kawasan tersebut selalu ramai oleh anak-anak yang bermain bersama atau warga sekitar yang sekedar bersantai melepas penat.

Adanya bantuan untuk lumbung pangan ini diharapkan dapat menyokong kebutuhan pangan warga selama masa pandemi. Warga menjadi lebih mudah untuk mengakses sumber pangan yang bergizi, sehat, dan bebas pestisida.

“Dengan adanya program ini masyarakat jadi terbantu kebutuhan sehari-hari mereka,” tukas Ibu Sunarsih, Ketua PKK RW 08 Mujamuju. (Yani/Fasilitator HI)

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667