Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Mari Bijak Kelola Sampah

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Mari Bijak Kelola Sampah

21 Februari 2022

Tidak ada yang menyangka ledakan sekeras itu berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah Kota Cimahi. Waktu itu malam hari, Senin 21 Februari 2005 sekitar pukul 02.00 WIB. Sesaat setelah terdengar ledakan, longsor sampah yang luar biasa dahsyat langsung menyapu dua pemukinan di sekitarnya. Mendadak, kampung Cilimus dan Kampung Pojok hilang dari Peta setelah tertutup sampah. Akibatnya, lebih dari 150 orang tewas. Gunungan sampah di TPA itu tidak kuat menahan hujan semalaman. Termasuk konsentrasi gas metan dari tumpukan sampah yang memicu ledakan serta longsor saat itu.

Tidak ingin kejadian seperti itu terulang kembali, akhirnya Indonesia memperingati momen tersebut sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Pada hari ini, Bangsa Indonesia bersama-sama mengingat pentingnya kebersihan. Di kota Bandung sendiri memiliki Program penanganan sampah yaitu Program Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan ( Kang Pisman). Sebagai daerah yang paling terdampak kejadian longsor sampah 2005 silam, kota Bandung sangat fokus dalam menjalankan program penanganan sampah.

Inisiatif HI dalam hal Peduli Lingkungan

Sebagai bentuk ikut serta dalam menjaga lingkungan dari pembuangan sampah yang tidak bertanggung jawab. Human Initiative bekerja sama dengan pihak lain untuk membuat Bank Sampah. Salah satu Bank Sampah yang sudah terlaksana adalah Bank Sampah Canpernik yang berada di kampong Blok Monong Rt 01 RW 07 Desa Leuwinutug, Kabupaten Bogor.

bank sampah Canpernik

Program tersebut sebagai salah satu solusi untuk mengatasi sampah plastik di Indonesia melalui gerakan #BijakBerplastik . selain itu, hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mengurangi sampah laut.

 

Lewat Bank Sampah, masyarakat akan diedukasi dalam pengelolaan sampah kering serta pemanfaatannya. Program ini akan mengedukasi, memilah serta menyalurkan sampah kepada pihak yang membutuhkannya. Dengan begitu, masyarakat akan mendapatkan keuntungan ekonomi dari mengelola sampah plastik.

 

Sahabat Inisiator, tentu kita semua sepakat bahwa peduli lingkungan bukan hanya tanggal 21 Februari. Lebih dari itu, kepedulian kita terhadap lingkungan harus menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Untuk itu mari kita sama-sama menjaga bumi dari sifat tidak bertanggung jawab dalam mengelola sampah. Sahabat Inisiator dapat mendukung program Human Initiative lewat berdonasi di Solusi peduli. Kami tunggu inisiatif kalian ya.

 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561