Cianjur Masuk Masa Transisi Pascagempa, Human Initiative Gagas Program Early Recovery di 2023

Cianjur Masuk Masa Transisi Pascagempa, Human Initiative Gagas Program Early Recovery di 2023

23 Januari 2023

Cianjur – Human Initiative gagas program early recovery di awal tahun 2023 dalam upaya melanjutkan pemenuhan hak dasar penyintas gempa Cianjur, setelah melewati masa darurat bencana. 

Langkah ini diambil berdasarkan putusan Bupati Cianjur yang menetapkan masa transisi darurat bencana alam gempa bumi Cianjur selama 90 hari, mulai dari 21 Desember 2022 sampai dengan 20 Maret 2023. 

“Ini menjadi langkah pegiat kemanusiaan Human Initiative untuk melanjutkan pemenuhan hak dasar penyintas Gempa Cianjur, yang dikhawatirkan para penyintas belum siap apabila dukungan tanggap darurat ditarik pada masa transisi,” ujar Siti Maisaroh, General Manager Program, Human Initiative. 

 

Respons Human Initiative 

Human Initiative mendapat dukungan dari para Sahabat Inisiator dan stakeholders untuk memfokuskan masa recovery ini dalam beberapa program, di antaranya yaitu kebutuhan hunian, kesehatan, nutrisi dan pangan, serta air minum dan kesehatan lingkungan. 

 

Dari semua program yang berjalan, program Rumah Senyum sebagai rumah hunian sementara sudah banyak terasa manfaatnya oleh para penerima hak. Human Initiative mendata setidaknya 235 Rumah Senyum sudah dihuni oleh lebih dari 930 jiwa. 

Selain itu, 250 jiwa telah mendapatkan layanan kesehatan. 23 unit Serambi Nyaman sudah tersedia sebagai pos pengungsian besar dan hanya diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, balita (beserta seorang pendamping perempuan), dan perempuan lanjut usia (lansia).

Bukan hanya pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Human Initiative juga memaksimalkan dengan dukungan Psychological First Aid (PFA) sebagai layanan dukungan psikososial yang dilakukan oleh tenaga relawan terlatih.

Penerima manfaat PFA Cianjur tidak hanya anak-anak. Remaja dan Dewasa juga mendapatkan manfaat dari kebaikan ini. Penanganan Psikolog dilakukan apabila teridentifikasi kasus gangguan psikologis berat.

Sementara dari pendistribusian pangan, terdata 4.430 jiwa penerima manfaat makanan bernutrisi, 685 jiwa menerima makanan siap santap, 8.555 jiwa mendapatkan paket sembako, dan 7.007 jiwa mendapatkan manfaat dari Dapur Umum. 

Human Initiative juga terus melakukan koordinasi untuk pemerataan kebutuhan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL). Dari data Human Initiative per 13 Januari 2023, lebih dari 681 jiwa menerima manfaat Dapur Air. Selain itu, lebih dari 400 jiwa merasakan kenyamanan Toilet Darurat serta Kebutuhan Air Bersih. 

 


Tujuan Early Recovery  

Siti Maisaroh melanjutkan bahwa early recovery Human Initiative bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat terdampak bencana, minimal ke posisi awal sebelum bencana terjadi. 

“Harapannya, segala kebutuhan dasar untuk warga terdampak bencana tersalurkan dengan cepat, tepat dan bermartabat,” lanjut Siti. 

Sebelumnya bencana gempa bumi melanda  Cianjur, Jawa Barat, pada 21 November 2022. Pada 13.21 WIB, guncangan bermagnitudo 5,6 tersebut merusak lebih dari 53 ribu rumah warga. Hingga Januari 2023 ini, laporan menunjukkan 742 KK terdampak dan 59.061 warga mengungsi. 

Berdasarkan data sejak 21 Desember 2022, tim emergency response dan relawan Human Initiative telah menyalurkan manfaat kepada 48.127 penerima hak yang datang dari kolaborasi kebaikan para Sahabat Inisiator dan stakeholders Human Initiative. Kebaikan ini tersebar di lima Kecamatan antara lain Cugenang, Warung Kondang, Cilaku, Cianjur, dan Pacet. 

 

Bagi Sahabat Inisiator yang ingin berpartisipasi untuk program recovery bagi penyintas Cianjur, dapat berkunjung ke solusipeduli.org

 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561