"> "> "> Human Initiative Apel Siaga untuk Respons Merapi - Human Initiative
Human Initiative Apel Siaga untuk Respons Merapi

Human Initiative Apel Siaga untuk Respons Merapi

18 November 2020

Human Initiative Apel Siaga untuk Respons Merapi

BANTUL – Rabu (18/11), Human Initiative DI Yogyakarta mengadakan Apel Siaga Respons Merapi bertempat di Embung Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta. Apel Siaga kali ini ditujukan untuk kesiapsiagaan pada aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Dipimpin oleh Pak Subur Rojinawi sebagai Pembina Apel, agenda ini diikuti oleh tim relawan Human Initiative yang telah dipersiapkan untuk respons Merapi.

Dalam amanatnya saat apel, Pak Subur Rojinawi menyampaikan apel ini merupakan salah satu upaya untuk lebih menguatkan persiapan relawan dalam respons Merapi. Merapi memang belum erupsi, namun karakter bencananya yang unik harus menjadi catatan bersama dan di level Siaga ini masih dapat menjadi kesempatan untuk mempersiapkan perencanaan yang lebih matang. Yakni, tidak bersantai-santai namun juga tidak terburu-buru dan membuang tenaga.

Sebagai Ketua Squad PBI beliau juga menyampaikan, bahwa di kondisi berbarengan dengan pandemi ini juga harus saling menjaga dan taat SOP yang berlaku di masing-masing pemerintah setempat, dan dinaungi oleh komunitas atau lembaga.

Respons sementara yang telah dilakukan HI beberapa diantara assesment di Pos Pengungsian Glagaharjo, Ngrajek Mungkid, Pos Pengungsian Desa Mertoyudan, Kegiatan Psikososial di Pos Pengungsian Deyangan, penyaluran bantuan karpet di Barak Gayam dan pendirian dapur air di Mertoyudan. Dalam apel siaga juga disampaikan, relawan Human Initiative hendaknya dapat melakukan evaluasi dan perencanaan lebih tajam untuk respons selanjutnya.

Selepas apel, relawan melanjutkan briefing singkat penguatan klaster yang ada. Untuk respons Merapi ini, Human Initiative membagi relawannnya dalam klaster logistik, kesehatan dasar, perencanaan, data dan informasi, SAR, psikososial, dan WASH.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667