Human Initiative dan PMI Beri Pembekalan Peningkatan Kapasitas kepada Relawan

Human Initiative dan PMI Beri Pembekalan Peningkatan Kapasitas kepada Relawan

12 April 2021

Jakarta – Human Initiative bersama Palang Merah Indonesia menggelar kegiatan pembekalan peningkatan kapasitas relawan. Pelatihan ini berlangsung pada Jumat 9 April hingga Sabtu 10 April 2021 di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur.

Masuknya musim penghujan memicu potensi terjadinya banjir. Mengingat posisi wilayah sekitar Jabotabek adalah sungai dan di bawah permukaan laut.

Human Initiative dan PMI Beri Pembekalan Peningkatan Kapasitas kepada Relawan

Human Initiative pun bergegas untuk bisa melakukan pembekalan materi bagi para relawan yang mempunyai peran yang cukup besar. Tepatnya ketika masa pra bencana ataupun masa tanggap darurat.

Memiliki peran penting di kala bencana, relawan yang harus mempunyai kemampuan dan kualifikasi dalam penanganan bencana, mutlak diperlukan. Tidak hanya mengandalkan kemampuan fisik, tapi juga keterampilan individu lainnya dalam hal teknis dan non-teknis.

Ilmu pengetahuan para relawan harus senantiasa bertambah untuk menghadapi perubahan cepat yang terjadi di lokasi bencana. Pengetahuan tentang tanggap darurat sendiri selalu berkembang, tidak hanya keterampilan fisik tapi juga non-fisik atau soft skill. Mulai dari perlengkapan yang digunakan, maupun teknik penyelamatan korban bencana.

Koordinasi relawan pasca banjir ini merupakan salah satu cara untuk menjalin komunikasi yang intens serta meningkatkan kepedulian terhadap wilayah-wilayah yang terdampak banjir, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap penanganan banjir Jabotabek awal tahun 2021.

Tujuan Pembekalan

Harapan ke depan, dengan adanya relawan yang sudah siap dan mempunyai kemampuan dalam penanggulangan bencana. Sehingga mempercepat dan mempermudah penanganan bencana.

Nantinya, mereka akan mendapatkan pembekalan pengetahuan semi-advance tentang kebencanaan, pengoperasian mesin perahu, perahu boat, pengenalan pertolongan pertama, pentingnya koordinasi, kajian, dan keterampilan bagi individu lainnya.

Tak ketinggalan, para relawan juga ikut mendapat pembekalan kemampuan teknis dan non-teknis di lapangan untuk memudahkan membantu merespons bencana yang terjadi. Selain itu juga, hadir pula tim relawan dari 3 cabang Human Initiative Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk memperkuat jejaring relawan di wilayahnya masing-masing.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari para fasilisator dari Palang Merah Indonesia, Basarnas, dan Sanusi Perdana (Human Initiative). Pelaksanaan ini dilakukan di luar ruangan 30% dengan pemaparan materi, dan 70% praktek disertai simulasi.

Harapannya setelah kegiatan ini, relawan tidak hanya bertindak sebagai evakuator tapi juga dapat melakukan pekerjaan non-teknis lainnya, seperti kajian dan juga koordinasi dengan stakeholder terkait. Sehingga relawan benar-benar dapat meringankan kerja-kerja tim bukan justru sebaliknya

Selain itu, temu koordinasi ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan menghadapi situasi darurat, guna menguatkan relawan yang sudah tergabung dalam tim manajemen respons kebencanaan, mengukuhkan pos baru di seputar wilayah banjir Jabotabek, dan wujud apresiasi terhadap kesiapsiagaan relawan saat banjir melanda wilayah mereka.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561