Bersama Denma Brigif PR 17 Kostrad, Human Initiative Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

Bersama Denma Brigif PR 17 Kostrad, Human Initiative Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

5 Desember 2020

Bersama Denma Brigif PR 17 Kostrad, Human Initiative Gelar Pelatihan Tanggap Bencana

Jakarta: Tim Rescue Human Initiative melaksanakan pelatihan Tanggap Bencana untuk 30 prajurit Kostrad, DENMA BRIGIF PR17 Cijantung. Kegiatan ini berlangsung satu pekan sejak Selasa, 1 Desember 2020.

Dalam pelatihan ini, tim diperkuat lima personil, ditambah satu personil dari Damkar. Materi pengajaran meliputi penanggulangan kebakaran, pertolongan pertama, respons gempa, dan respons banjir.

Bukan hanya teori di kelas saja, semua peserta juga mendapatkan materi praktek di lapangan. Untuk menguji efektivitas pengajaran, para peserta juga mendapatkan simulasi dadakan. Kecakapan mereka dalam menerapkan semua materi pelatihan jadi bisa langsung terlihat.

Pada 24 November 2020, DENMA BRIGIF PR17 KOSTRAD, melampirkan surat permohoman pengajuan permintaan personel sebagai pelatih latihan penanggulangan bencana. Menyiapkan, merencanakan, dan menyelenggarakan pelatihan PB Alam.

Dalam kolaborasi antara BRIGIF PR 17 Kostrad dengan Human initiative, terbagi beberapa fase. Pertama, fase mengenal karakteristik bencana di Indonesia. Sebab Indonesia negara yang rentan bencana. Kedua, materi tentang pengenalan pemadaman api dari pengenalan apar, manual, dan gas, serta penanganan atau cara pemadamannya.

Pada fase ketiga, materi gempa. Di sini peserta diberikan pembekalan tentang apa itu gempa. Dan cara evakuasi mandiri atau berlindung.

Pada Selasa 1 Desember 2020, tim memberikan pembekalan tentang water rescue. Di sini peserta dikenalkan peralatan, cara evakuasi water rescue, dan terakhir peserta diberikan pembekalan tentang pertolongan pertama dari pengecekan korban, pengenalan luka, pengobatan, serta cara membawa korban ke tempat yang aman.

Perlu diketahui, BRIGRIF PR 17/KOSTRAD Sudah berkolaborasi dengan Human Initiative sejak tahun 2013, 2014, dan 2015. Baik dalam pelatihan evakuasi maupun distribusi logistik di daerah bencana. Pada tahun 2020, KOSTRAD mengajukan lagi untuk giat latihan dan kolaborasi.

 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667