Indonesia Jadi Tuan Rumah, Human Initiative Ikut Berpartisipasi di GPDRR 2022

Indonesia Jadi Tuan Rumah, Human Initiative Ikut Berpartisipasi di GPDRR 2022

24 Mei 2022

Bali, Indonesia – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia menjadi tuan rumah dalam Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang ke-7. Tema GPDRR 2022 ini bertajuk From Risk to Resilience: Towards Sustainable Development for All in a COVID-19 Transformed World (Dari Risiko ke Ketangguhan: Menuju Pembangunan Berkelanjutan untuk Semua di Dunia yang Ditransformasi COVID-19). Forum ini merupakan acara resmi dari PBB yang bergulir setiap 2 tahun sekali. Namun, karena pandemi kemarin, jeda acara tersebut menjadi 3 tahun.

Forum ini berlangsung di Bali, Indonesia, pada tanggal 23-28 Mei 2022. Sebelumnya, Swiss dan Meksiko menjadi tuan rumah untuk forum ini. Mami Mizutori, wakil khusus sekretaris Jenderal Pengurangan resiko bencana (PRB) dan ketua UNDRR menyampaikan bahwa Indonesia merupakan laboratorium bencana dan mempunyai komitmen yang cukup tinggi dalam PRB. Oleh karena itu, Indonesia pada tahun ini menjadi tuan rumah untuk Forum ini.

Pada pertemuan nanti akan hadir Presiden RI Joko Widodo yang sekaligus akan membuka pertemuan pada 25 Mei 2022. Komposisi terbesar peserta terdiri dari delegasi pemerintah, organisasi nirlaba, akademisi, dan badan-badan PBB lainnya. Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemlu RI, Achsanul Habib, mengatakan, pihaknya telah mencatat lebih dari 5.536 pendaftar dari 182 negara. Dari angka tersebut, sekitar 4.000 peserta akan hadir secara fisik.

 

Partisipasi Human Initiative dalam GPDRR 2022

 

Sebagai Lembaga Kemanusiaan yang terdepan dalam merespon issue kebencanaan, Human Initiative turut menghadiri Forum ini. Selama acara berlangsung, Human Initiative juga berkesempatan untuk menjadi salah satu narasumber dalam Rumah Resiliensi Indonesia (RRI), sebuah forum yang merupakan bagian dari GPDRR. Dalam salah satu talkshow tersebut, Human initiative akan membahas tentang penguatan aktor lokal melalui PEER (Preparing to excel in Emergency Response).

Sahabat Inisiator, Mari kita dukung kesuksesan acara GPDRR tahun ini. Semoga target acara ini dapat teracapai, salah satunya adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang perlunya kesiapsiagaan terhadap bencana. Salam.

 

 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561