Human Initiative Mendistribusikan Paket Sembako untuk Pengungsi Erupsi Semeru

Human Initiative Mendistribusikan Paket Sembako untuk Pengungsi Erupsi Semeru

17 Desember 2021

Nusantara tengah berduka, pasalnya Semeru, gunung berapi yang terletak di Jawa Timur meletus Sabtu, 4 Desember 2021 lalu. Guru Besar Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Prof Nana Sulaksana mengatakan, letusan yang terjadi pada Sabtu sore pekan lalu ternyata tidak terjadi tiba-tiba.

“Jadi letusan kemarin bukan tiba-tiba, tapi memang sudah terjadi letusan kegiatan magmatisme jauh sebelumnya. Hanya kemarin saat letusan besar, secara kebetulan bersamaan dengan curah hujan tinggi,” ungkap Nana, Senin (6/12/2021).

“Kalau tidak ada hujan, maka seluruh material yang keluar sifatnya belum langsung menjadi lahar. Ini karena musim hujan, kebetulan hujan besar, material yang teronggok di atas terkena air dan hanyut ke sungai,” papar Nana

Akibat dari erupsi ini per Rabu (15/12/2021) tercatat warga yang mengungsi berjumlah 10.158 jiwa. Namun, data tersebut masih terus dimutakhirkan setiap hari, dengan warga terdampak tersebar di 151 titik pengungsian.

Relawan kemanusiaan dari seluruh nusantara segera berkumpul di lokasi sesaat setelah erupsi terjadi. Human Initiative merespons fenomena ini dengan mengirim 15 personil tambahan. Berkoordinasi dengan BPBD Kab. Lumajang dan relawan lokal, mendistribusikan 100 dus air mineral dan 2.172 paket makanan siap santap, melakukan pencarian korban dan evakuasi, pembersihan jalan untuk memudahkan evakuasi di daerah Bondeli dan Kamar Kajang, pendirian dapur air di Desa Sumberwuluh, Lumajang, pembagian masker, distribusi 210 buah kasur dan selimut, pembagian hygiene kit, penyaluran logistik bahan pangan, dan evakuasi SAR di Kampung Renteng.

Saat ini ada beberapa kebutuhan yang masih mendesak di antaranya adalah paket sembako untuk para penyintas. Human Initiative hendak membagikan paket sembako dengan rincian 1 paket berisi 5 kg beras, 1L minyak goreng, 1 kg gula pasir, 800 ml kecap, mie burung dara, sarden, serta susu kaleng.

Sahabat Inisiator bisa turut membantu untuk membagikan paket sembako kepada saudara kita yang terkena dampak dari fenomena ini dengan turut berdonasi melalui website Solusi Peduli.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561