Human Initiative Salurkan Bantuan untuk Terdampak Kebakaran Rohingya

Human Initiative Salurkan Bantuan untuk Terdampak Kebakaran Rohingya

2 Februari 2022

Sahabat Inisiator, saudara kita di Rohingya masih berada dalam kondisi yang sulit, Minggu 9 Januari lalu, kebakaran mengakibatkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal mereka. Tidak hanya itu sebagian kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh juga habis oleh kobaran api.

Sekitar 1.200 rumah hangus terbakar,” kata Kamran Hossain, juru bicara Batalyon Polisi Bersenjata, yang mengepalai keamanan di kamp tersebut.

Api yang mulai menyala pada pukul 16.40 dan baru bisa dikendalikan pukul 18.30 itu pada awalnya membakar kamp 16 dan mulai menjalar membakar bambu-bambu dan terpal yang menjadi tempat mereka berlindung, akibatnya sekitar 5000 orang kehilangan tempat tinggal.

Api yang begitu besar membuat para pengungsi lari meninggalkan tempat tinggal mereka tanpa sempat menyelamatkan perabotan dan dokumen mereka yang pada akhirnya habis dilalap api.

Salah satu pengungsi mengaku putus asa karena barang termasuk tabungan yang telah ia kumpulkan selama bertahun tahun hasil bekerja keras sebagai buruh harian ludes tidak bersisa.

“Kebakaran sering terjadi di sini. Tidak mungkin kami memadamkan api. Tidak ada air. Rumah saya terbakar. Banyak dokumen yang saya bawa dari Myanmar juga ikut terbakar. Dan di sini dingin,” katanya.

Sebagai bentuk kepedulian Human Initiative terhadap insiden yang menimpa saudara-saudara kita, tim Human Initiative mengirimkan 12-unit kipas angin, air minum, serta air isi ulang terhitung sejak tanggal 11 hingga 28 Januari 2022.

Fasilitas berupa dispenser, serta galon air sejumlah sepuluh buah juga rutin dikirimkan setiap satu minggu sekali.

 

Orang Beriman Ibarat Satu Tubuh

Rasulullah Muhammad SAW pernah menggambarkan, “Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai dan berkasih sayang adalah ibarat satu tubuh; apabila satu organnya merasa sakit, maka seluruh tubuh akan sulit tidur dan merasa demam.” (Riwayat Muslim)

Yuk Sahabat Inisiator kita bantu meringankan beban dan penderitaan yang saudara kita di Rohingya rasakan. Kita bisa menolong dengan mengirimkan doa-doa supaya mereka diberikan kemudahan untuk bangkit dari posisi ini.

Sahabat inisiator juga bisa mengirimkan bantuan berupa sedikit rezeki dengan menyalurkannya melalui Solusi Peduli.

Semoga kebaikan ini akan kembali lagi ke sahabat inisiator sekalian.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561