Indonesia Berduka, Kasus Positif Virus Corona Tembus 1 Juta

Indonesia Berduka, Kasus Positif Virus Corona Tembus 1 Juta

26 Januari 2021

Sahabat Inisiator, per hari ini Selasa (26/1) Kementerian kesehatan menginformasikan bahwa kasus positif virus corona (Covid-19) bertambah 13.094 orang. Tambahan itu membuat total kasus positif di Indonesia tembus mencapai 1.012.350 orang.

Kasus baru tersebut ditemukan pada 48.097 orang selesai menjalani tes Covid-19 pada hari ini. Dengan jumlah tersebut maka dari setiap 4 tes Covid-19 ditemukan 1 kasus positif.

Sementara itu, pasien sembuh bertambah 10.868 orang dalam sehari sehingga totalnya menjadi 820.356 orang. Adapun kasus kematian bertambah 336 orang sehingga totalnya menjadi 28.468 orang.

Indonesia beserta 18 negara lainnya telah mencapai 1 juta kasus Covid-19. Mirisnya, 1 juta kasus ini tercapai saat Covid-19 makin tak terkendali.

Sebagai informasi, penyakit mematikan ini telah menyebar ke 510 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. Pemerintah masih memantau 82.156 orang berstatus suspek Covid-19. Berdasarkan data statistik Sekolah Kedokteran Universitas Johns Hopkins, kasus Covid-19 Indonesia kini berada di peringkat 19 dunia.

Mengutip artikel yang diterbitkan Reuters, Selasa (26/1), angka-angka itu termasuk yang tertinggi di Asia. Namun, para ahli kesehatan yakin penyebaran Covid-19 di Tanah Air kemungkinan jauh lebih buruk.

Reisa Broto Asmoro, juru bicara Satuan Tugas Covid-19, mengatakan 80 persen orang yang tertular virus telah pulih sepenuhnya. Pemerintah telah melakukan program vaksinasi Covid-19 dan menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada awal bulan ini karena kapasitas rumah sakit semakin kritis.

Selain itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi G. Sadikin juga ikut berkomentar atas kasus ini. Menurutnya hal ini harusnya menjadi momen duka untuk seluruh rakyat Indonesia. Pandemi COVID-19 di Indonesia masih terus berkembang dan banyak orang akhirnya jadi korban.

“Ini saatnya kita untuk berduka karena ada banyak saudara-saudara kita yang sudah wafat. Ada lebih dari 600 tenaga kesehatan juga yang sudah gugur dalam menghadapi pandemi ini. Mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat juga sudah meninggalkan kita, ada rasa duka mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia, atas angka ini,” kata Menkes Budi dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (26/1/2021).

Menkes Budi kembali mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah harus kompak bekerja sama untuk mengatasi pandemi. Tidak bisa hanya satu elemen saja yang diharapkan bekerja untuk menekan laju kasus penyebaran virus Corona COVID-19.

Mari Sahabat Inisiator, sejenak kita berdo’a untuk saudara kita yang sedang berjuang melawan virus corona di masa sulit saat ini. Tentunya banyak harapan kami untuk sama-sama mengurangi dampak yang semakin luas dengan menjaga protokol kesehatan dan mematuhinya sesuai anjuran pemerintah.

 

Sumber Data :

https://www.cnbcindonesia.com/

https://www.reuters.com/

https://health.detik.com/

https://covid19.go.id

https://covid19.who.int/

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667