Kebutuhan Pasokan Logistik Mendesak, Human Initiative Bangun Dapur Air untuk Para Penyintas Erupsi Semeru

Kebutuhan Pasokan Logistik Mendesak, Human Initiative Bangun Dapur Air untuk Para Penyintas Erupsi Semeru

8 Desember 2021

Sahabat Inisiator, seperti yang kita semua ketahui, terjadi peningkatan aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran Pada hari Sabtu, 4 Desember 2021 pukul 15.00 WIB kemarin. Akibat dari fenomena ini terhitung sampai Selasa (7/12/2021), terdapat 5.205 Warga terdampak dengan 2.004 warga berada di 19 titik pengungsian yang tersebar di 3 kecamatan, yaitu: Kec. Pronojiwo, Kec. Candipuro, dan Kec. Pasirian.

Selain itu 2.970-unit rumah tertutup material abu vulkanik. 39-unit fasilitas umum tak luput terkena dampak dari erupsi ini. 38 unit di antaranya merupakan fasilitas pendidikan dan 1-unit jembatan yang terputus. Jembatan Gladak Perak yang terputus mengakibatkan akses Kec. Candipuro dan Pronojiwo tidak bisa dilewati. Masyarakat dihimbau untuk menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru.

Hingga saat ini status Gunung Api Semeru masih Waspada level II. Kondisi udara menurut radar Accuweather Udara mencapai tingkat polusi tinggi dan tidak sehat untuk kelompok yang sensitif.

 

Human Initiative Bangun Dapur Air untuk Penyintas Erupsi Semeru

Tim Human Initiative telah meluncur ke lokasi terdampak sesaat setelah erupsi terjadi. Tim juga telah melakukan apel pagi dan berkoordinasi dengan Bupati Lumajang untuk melakukan giat evakuasi warga yang terdampak. Selain itu tim Human Initiative yang terdiri dari 15 personil juga sudah mendistribusikan makanan siap santap dan air mineral bagi warga yang mengungsi.

Di situasi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan bantuan berupa pasokan logistik. Tim Human Initiative merespons hal tersebut salah satunya dengan mendirikan dapur air di Desa Sumberwuluh, Lumajang. Dapur air tersebut menyediakan di antaranya air minum, air hangat, kopi-kopian, teh, susu, serta varian minuman seduh lainnya yang bisa para penyintas nikmati.

Namun satu dapur air tentu belum mencukupi semua kebutuhan para penyintas. Rencana kedepannya, Human Initiative akan membangun dapur air selanjutnya di titik yang berbeda.

Sahabat Inisiator yuk bahu membahu bantu saudara kita yang terkena dampak erupsi Semeru, kalian bisa berkontribusi dalam gerakan ini dengan turut mendoakan para terdampak dan penyintas serta memberikan donasi terbaik kalian melalui Solusi Peduli.

Kami tunggu kontribusi Sahabat Inisiator semua.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561