Ketika Kita Sedang Merasa Kehilangan

Ketika Kita Sedang Merasa Kehilangan

6 Februari 2022

Sahabat Inisiator, merasa sedih saat kita kehilangan sesuatu merupakan hal yang wajar. Terlebih, jika itu adalah sesuatu yang sangat kita cintai. Manusiawi jika kita meresponsnya dengan emosi kecewa, marah, atau sedih. Akan tetapi, jika kita mau merenung sejenak saja, kita akan tersadar bahwa sebenarnya kita tidak pernah benar-benar kehilangan apapun. Apa yang patut kita tangisi? Bukankah semua itu hanya titipan Allah? Bahkan diri ini sendiri pun bukan milik kita dan suatu saat akan berpulang kepada-Nya.

Lagipula, kehilangan hal yang kita cintai mungkin memang menyakitkan. Tapi satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa yang kamu cintai belum tentu baik bagimu. Allah tahu yang terbaik untuk kita, sementara pengetahuan kita sangat terbatas akan hal itu. Ketika hal buruk terjadi pada kita, percayalah Allah sedang menyiapkan rencana indah di balik itu semua.

Sahabat Inisiator, untukmu yang sedang dilanda rasa kehilangan, berikut beberapa tips dari Human Initiative untuk bisa melepaskannya dan berdamai dengan keadaan.

  1. Selalu Percaya pada Rencana Allah

    Satu hal yang pasti dan harus selalu kamu yakini bahwa Allah tidak mungkin dengan sengaja menjerumuskan hamba-Nya.

  2. Menyibukkan Diri dengan Kebaikan

    Allah berfirman dalam Al-Quran, “Barangsiapa melakukan kebaikan, perbuatan benar, baik laki- laki atau perempuan, dan beriman, pasti Kami akan membuat dia (atau dia) menjalani kehidupan yang baik, dan pasti Kami akan membayar seperti ini pahala mereka sesuai dengan yang terbaik dari apa yang biasa mereka lakukan.” (An-Nahl: 97).

    Menyibukkan diri dengan berbuat kebaikan tidak hanya dapat mengalihkan emosi atau rasa sedihmu, namun juga dapat menambah keimanan serta pahala dari Allah.

    Salah satunya, Sahabat Inisiator dapat terlibat dalam aktivitas-aktivitas kemanusiaan. Bisa di sekitar lingkungan, seperti kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar membantu menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu, Sahabat Inisiator juga bisa tergabung dalam relawan Human Initiative. Banyak kegiatan di sana, seperti menjadi kakak didik di salah satu HOME Learning Children Center.

  3. Bersabar dan Semakin Mendekatkan Diri kepada Allah

    Jika kamu bersabar, kamu termasuk orang yang bersama Allah sesuai dengan janji-Nya dalam Al- Qur’an, “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153).

So, jangan sedih lagi ya, Sahabat Inisiator 😊

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561