"> "> "> Khawatir Banjir Susulan, Warga Masamba dan Baebunta Bertahan di Posko Darurat - Human Initiative
Khawatir Banjir Susulan, Warga Masamba dan Baebunta Bertahan di Posko Darurat

Khawatir Banjir Susulan, Warga Masamba dan Baebunta Bertahan di Posko Darurat

14 Juli 2020

LUWU UTARA – Setelah banjir bandang yang terjadi Senin 13 malam kemarin, warga Kecamatan Masamba dan Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara, masih dihantui rasa takut akan adanya banjir susulan.

Mereka belum berani kembali ke rumah masing-masing dan memilih bertahan di sejumlah posko darurat yang didirikan Pemkab Luwu Utara serta rumah keluarga mereka di wilayah ketinggian, yang tidak terdampak banjir.

Rasa takut ini juga dikarenakan adanya kabar masih turunnya hujan di pegunungan meli yang bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang dengan air bercampur lumpur.

Sejumlah warga Masamba memilih bertahan di beberapa posko darurat dan rumah keluarga atau warga lain di Dusun Lamiri, Desa Kamiri dan Balebo Kamiri.

Di wilayah ini, warga yang mengungsi rata-rata berasal dari Podo Sa’pe dan dari Desa Laba Kecamatan Masamba. Khusus di Desa Laba, masih ada beberapa rumah yang tidak begitu parah terkena banjir sehingga juga dijadikan posko atau tempat menampung warga terdampak banjir.

Admil, warga Dusun Poso Sa’pe yang mengungsi di Dusun Lamiri menyebutkan air yang masuk ke rumah warga mencapai dada orang dewasa, bahkan ketinggian air di pekarangan rumah mencapai 2 meter.

“Di rumah saya pak, air setinggi dada, bahkan depan rumah air setinggi dua meter. Banjir terparah di Desa Radda Kecamatan Baebunta, di sana kabarnya ada yang meninggal dan beberapa warga masih hilang,” ujarnya.

Di perbatasan Kecamatan Baebunta dan Kecamatan Masamba yakni batas antara Desa Radda dan Desa Kampuna tepatnya di tugu cokelat, warga setempat di dua desa ini masih mengungsi.

Rumah warga masih terlihat kosong, utamanya warga Desa Radda sebagai wilayah terparah yang terkena dan terdampak banjir bandang.

Sumber: Sindonews.com

Bantu warga terdampak Banjir Bandang Masamba, klik disini

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667