Status Gunung Merapi Kembali Siaga, Human Initiative Evakuasi Warga Terdampak dan Lakukan Pencegahan Covid-19

Status Gunung Merapi Kembali Siaga, Human Initiative Evakuasi Warga Terdampak dan Lakukan Pencegahan Covid-19

16 Januari 2021

Sleman: Gunung merapi yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengalami peningkatan aktivitas. Mulai dari waspada level III menjadi siaga level III. (04/01/2021)

Sebagai organisasi kemanusiaan, Human Initiative melakukan evakuasi bagi warga terdampak erupsi Gunung Merapi. Selain itu juga dilaksanakan aktivitas mendirikan pos dapur air, distribusi paket makanan, dan distribusi alat pelindung diri agar terhindar dari Covid-19.

Warga sedang melakukan cuci tangan untuk pencegahan Covid-19

Di tengah perjuangan menghadapi pandemi Covid-19, tim rescue Human Initiative berinisiatif mengambil langkah preventif terkait meningkatnya status Gunung Merapi. Menurut data yang diperoleh, terdapat 4 kabupaten yang menjadi wilayah sebaran pengungsi yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten.

Tim HI sedang membuka pos dapur air di pengungsian

Terkait antisipasi pencegahan Covid-19, Human Initiative juga mendistribusikan Covid kits (masker, hand sanitizer, hand wash) untuk penyintas sebanyak 100 paket dan wastafel 13 unit yang tersebar di 4 kabupaten tersebut. Human Initiative juga memberikan makanan siap santap , hygiene personal kits, baby kits, alas tidur, bantal, kasur balita, water sanitation and hygene (WASH). Untuk menjaga semangat warga terdampak, dilakukan juga bimbingan psikososial.

Wilayah respons Human Initiative ini dilakukan di 5 desa pada semua kabupaten terdampak. Untuk Kabupaten Magelang di Desa Mertoyudan, Kabupaten Sleman di Barak Gayam, Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Cangkringan, Barak Purwobinangun, Kalurahan Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Klaten di Desa Balerante, dan Kabupaten Boyolali di Desa Tlogolele.

Dalam merespons peningkatan status Gunung Merapi, Human Initiative juga menjalankan aktivitas koordinasi dengan berbagai pihak. Berbagi peran ini menjadi penting agar tidak tumpang tindih bantuan.

“Kami mencoba untuk terus berkoordinasi dengan BPBD dan focal point di wilayah setempat, untuk mendirikan pos dapur air dan dalam mendistribusikan bantuan ke masyarakat terdampak, ini semua dengan harapan bantuan agar lebih merata,” ujar Agus Putut selaku Kepala Cabang Human Initiative Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perlu diketahui, untuk pertama kalinya pada 2021, tepatnya Senin (04/01), BPPTKG menyebut bahwa Gunung Merapi memasuki fase erupsi. Hal ini membuat 264 warga dari Dusun Babadan I, Desa Paten, Kec. Dukun, Magelang kembali mengungsi ke Desa Banyurojo, Kec. Mertoyudan, Kab. Magelang (05/01).

Tim HI membuka pos dapur air di pengungsian

Tim Human Initiative Yogyakarta menurunkan setidaknya 4 Kelompok Team rescue untuk membantu evakuasi warga pada (05/01). Kelompok rentan, lansia, anak-anak, Ibu hamil, dan difabel adalah warga yang diutamakan menuju ke tempat pengungsian.

 

Sumber :

Human Initiative Yogyakarta

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667