Presiden RI Tinjau Lokasi Gempa, Tim Relawan Bantu Proses Evakuasi dan Distribusi Logistik

Presiden RI Tinjau Lokasi Gempa, Tim Relawan Bantu Proses Evakuasi dan Distribusi Logistik

25 November 2022

Cianjur – Kamis (24/11) Presiden RI, Joko Widodo meninjau langsung penanganan gempa di Cianjur, Jawa Barat. Sejumlah Menteri serta kepala BNPB ikut mendampingi presiden. Menteri tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kepala BNPB Suharyanto.

 

“Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini,” Ujar Presiden di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kamis (24/11).

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa fokus utama dan yang paling penting adalah proses evakuasi. Lalu setelah itu kelancaran pendistribusian logistik.

“yang pertama adalah proses evakuasi yang kita fokuskan, saya terima laporan masih ada warga yang perlu dievakuasi. Yang kedua sadalah kelancaran distribusi bantuan logistik,” tambahnya.

Foto : republika.co.id

 

“Yang paling penting setelah nanti evakuasi ini selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi, berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun yang ringan,” tutup Presiden.

Sejak Senin malam sesaat setelah gempa terjadi, Human Initiative telah mengirim tim untuk merespons kejadian tersebut. Sampai saat ini tim Human Initiative terus berkoordinasi bersama relawan di lapangan untuk bersama melalukan evakuasi serta membantu kelancaran distribusi logistik.

Selain Evakuasi dan distribusi logistik, Human initiative juga menyiapkan posko bantuan, charging station untuk lokasi yang mengalami pemadaman listik serta layanan dapur air. Saat ini, tim kaji dampak Human Initiative juga sedang beroperasi untuk melakukan pemetaan kebutuhan masing-masing lokasi serta masyarkat terdampak.

 

Sahabat Inisiator dapat juga berkontribusi untuk bersama membantu proses bantuan di lokasi terdampak dengan berdonasi di solusipeduli.org/peduligempacianjur.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561