Program Penghijauan di Pulau Semut, Kolaborasi Human Initiative bersama Pertamina

Program Penghijauan di Pulau Semut, Kolaborasi Human Initiative bersama Pertamina

17 September 2021

Riau – Rabu (15/09/2021) Human Initiative Riau berkolaborasi dengan Pertamina Sei Siak melakukan program penghijauan di Pulau Semut, Kelurahan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai.

Percobaan penanaman 120 bibit mangrove berjenis rhizophora telah dilakukan dalam rangka kegiatan penghijauan. Adapun kegiatan penanaman mangrove ini selain dilakukan oleh relawan Human Initiative Riau & Pertamina Sei Siak, juga turut diikuti oleh Lurah Limbungan, Ketua RW, Ketua RT, dan tidak ketinggalan seluruh masyarakat Limbungan. 

Welfina Sari Harahap, selaku Ibu Lurah Limbungan menerima penyerahan bibit mangrove secara simbolis. Selain pulau Semut, ibu Welfina berencana akan berkomunikasi pada para pihak terkait. Hal ini hadir dalam upaya pengembangan sawah yang ada di sekitar jalan masuk ke pulau Semut. 

“Daerah ini adalah satu-satunya daerah di kota Pekanbaru yang memiliki area persawahan. Oleh karena itu saya sangat bersemangat melaksanakan program penghijauan ini,” ujar ibu Welfina. 

Lebih lanjut beliau mengatakan,”Kita satu-satunya di sini, jadi besar kemungkinan untuk mendapat perhatian.” 

Antusiasme dari para pihak yang hadir menjadi tanda bahwa program penghijauan ini berjalan dengan baik. Mereka turut serta turun ke pinggiran sungai untuk menanamkan bibit mangrove. 

Syofi, selaku Manager Pertamina berkata,”Sawah bisa bermanfaat sebagai area rekreasi, jadi orang yang datang tidak hanya sekadar melihat sawah, namun juga sekaligus bisa rekreasi.”

Penanaman Mangrove Pulau Semut

Harapan masyarakat Limbungan terhadap kegiatan penghijauan ini adalah dapat berjalan dengan sukses serta selesai dengan baik. Jika demikian adanya, potensi wisata Pulau Semut akan menjadi lebih besar dan bisa mendatangkan lebih banyak manfaat bagi pengunjung. 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667