Puasa di Bulan Syawwal : Mengejar Pahala Berpuasa Setahun Penuh

Puasa di Bulan Syawwal : Mengejar Pahala Berpuasa Setahun Penuh

3 Mei 2022

Sahabat Inisiator, Alhamdulillah kita telah menyelesaikan bulan Ramadan tahun ini. semoga Allah menerima amalan puasa kita dan ibadah lainnya. Di bulan Syawwal kali ini, ada kesempatan bagi kita untuk menyempurnakan amalan ibadah puasa kita di bulan Ramadan, yaitu puasa di bulan Syawwal.

 

Di antara Rahmat dan karunia Allah SWT untuk Muhammad SAW dan ummatnya adalah syariat amalan Sunnah di setiap amalan Fardu (Wajib). Seperti dalam Shalat, ada shalat sunnah rawatib yang dilakukan sebelum atau sesudah shalat wajib. Maka, setelah berpuasa Ramadan pun terdapat amalan sunnah yang baik untuk kita laksanakan yaitu puasa  Syawwal. Bahkan, pahalanya puasa ini besar dan ganjarannya luar biasa.

 

Rasulullah menjelaskannya dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al-anshari, Rasulullah pernah bersabda:

“Barangsiapa berpuasa menyempuranakan puasa ramadan, kemudian dia berpuasa di bulan syawwal. enam hari di bulan syawwal, maka seakan-akan dia telah berpuasa sepanjang tahun” ( HR. Muslim )

Para Ulama menjelaskan, bahwa Allah SWT melalui karunianya memberikan pahala 10 kali lipat ketika kita melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan. Setelah itu, dengan tambahan 6 hari di  Syawwal, maka total puasa kita adalah 36 kali. Artinya, kita mendapatkan pahala puasa 360 kali dan itu seperti berpuasa setahun penuh.

Semoga Allah SWT memberikan kita taufik dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Syawwal. Dengan begitu, kita akan mendapatkan pahala seakan-akan telah berpuasa selama 360 hari lamanya.

Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa amalan sunnah itu dapat menjadi penutup celah-celah kekurangan yang ada dalam amalan wajib kita. Maka puasa 6 hari ini dapat menjadi penyempurna amalan puasa wajib kita di bulan Ramadan. Semoga Allah menerima amal perbuatan kita dan Allah masukkan kita semua ke dalam Surga, aamiin.

Sahabat inisiator, mudah-mudahan melalui artikel ini, kita semua dapat lebih semangat dalam menjalankan ibadah puasa di bulan syawwal.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667