Relawan Pengemudi Ambulan Bantu Atasi Ketegangan  di Garis Depan Covid Indonesia

Relawan Pengemudi Ambulan Bantu Atasi Ketegangan  di Garis Depan Covid Indonesia

21 Juli 2021

JAKARTA, 14 Juli – Saat layanan kesehatan Indonesia berjuang untuk mengatasi lonjakan pasien virus corona, relawan pengemudi ambulan seperti Sunaryo bekerja keras membawa pasien yang terinfeksi ke dan dari rumah sakit.


Diserang virus Corona varian Delta yang sangat menular, Indonesia melaporkan rekor 54.517 kasus pada hari Rabu, naik hampir sepuluh kali lipat pada awal Juni.

“Saya tentunya merasa takut (terinfeksi). Tapi ini untuk kemanusiaan dan saya melakukan ini dari hati saya,” kata Sunaryo.


Mengenakan alat pelindung diri, pria berusia 51 tahun itu menjadi sukarelawan untuk Human Initiative, sebuah organisasi amal yang berbasis di Indonesia, selama dua tahun di ibu kota Jakarta.


“Tugas saya adalah menjemput pasien COVID-19 yang akan diisolasi ke rumah sakit dan juga membawa mereka pulang,” katanya.

Bekerja dengan ambulans pemerintah, para relawan memainkan peran penting dalam mendukung layanan kesehatan masyarakat di Jawa, pulau terpadat di Indonesia.


“Melonjaknya kasus COVID-19 yang terjadi di Pulau Jawa dan sebagian besar di Jakarta tidak bisa ditangani oleh pemerintah sendiri,” kata Sobari yang mengkoordinir para relawan pengemudi ambulans.


Tim sukarelawan ini dapat menerima hingga 80 panggilan per hari dari pasien gawat untuk diantar ke rumah sakit, meskipun hanya memiliki sumber daya yang hanya cukup untuk 30 pasien, katanya.  “Dukungan dari masyarakat dan relawan seperti kami juga sangat diperlukan, dan kita bisa mengakhiri pandemi lebih cepat,” tambah Sobari.

 

Sumber :
Reuters

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667