Satu Juta Masker Kain Untuk Penyintas Bencana

Satu Juta Masker Kain Untuk Penyintas Bencana

22 April 2021

Pandemi belum berakhir, menggunakan masker dengan benar adalah salah satu cara utama mencegah penularan Covid-19. Masker dapat melindungi seseorang yang belum terinfeksi virus corona, sekaligus mencegah penderita menyebarkan virus corona dan biang penyakit yang menular lewat udara lainnya.

Efektivitas penggunaan masker masih menjadi pembahasan hingga saat ini. Di Indonesia, masyarakat umum diimbau mengenakan masker kain ketika beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan masker medis diprioritaskan hanya bagi pasien corona dan petugas kesehatan, terutama yang merawat pasien corona.

Tak bisa di pungkiri, bencana alam di tengah situasi pandemi Covid-19 terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Penting bagi masyarakat agar tetap waspada dan meningkatkan antisipasi penyebaran virus dengan memperhatikan protokol kesehatan 3M. Tentunya hal ini untuk meminimalisir adanya penularan Covid-19 yang terjadi di klaster pengungsian korban bencana alam.

Penggunaan masker dan rajin mencuci tangan bagi semua lapisan juga harus tetap terjaga walaupun mungkin beberapa kondisi penjagaan jarak antara keluarga inti yang terdampak bencana mungkin sulit dihindari.

Dalam upaya preventif untuk mencegah penularan virus corona di Indonesia, Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan masker bila sedang sakit dan membatasi kegiatan sosial. Masyarakat juga dihimbau untuk menerapkan etika batuk yang benar.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) lebih dulu mengeluarkan panduan penggunaan masker kain corona bagi warga setempat. Tapi, di sisi lain, WHO menyatakan penggunaan masker kain corona oleh orang sehat belum punya pijakan bukti yang memadai dalam kaitannya dengan pencegahan penyakit Covid-19.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara memakai masker yang benar, terutama dalam situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini khususnya di wilayah bencana. Masker berguna untuk melindungi diri dari risiko tertular penyakit sekaligus mencegah kita menularkan penyakit kepada orang lain.

Human initiative mengajak Sahabat inisiator untuk berupaya maksimal dalam pencegahan penyakit Cvovid-19. Upaya yang dilakukan anatara lain melalui Program Pencegahan Penularan Covid-19. Program Pencegahan Covid-19 ini menekankan pada upaya penegahan penularan di masyarakat khususnya yang terdampak bencana alam. Untuk Selengkapnya kunjungi laman donasi kami di www.solusipeduli.org/satujutamaskerindonesia

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667