Sekolah Terbuka PKBM Sirfah, Adonara Timur

Sekolah Terbuka PKBM Sirfah, Adonara Timur

24 November 2021

Pendidikan sangat penting bagi semua orang dan tak terkecuali. Namun bagaimana jika ada sebagian orang yang tidak bisa melanjutkan sekolah karena terkendala masalah biaya? Bahkan sudah melewati umur yang ditetapkan.

Seperti sekolah terbuka di PKBM Sirfah di Adonara Timur, Kecamatan Flores Timur NTT. Sekelompok guru berinisiatif untuk membantu adik-adik yang putus sekolah untuk melanjutkan sekolah secara gratis. Niat baik ini mendapat sambutan yang sangat antusias para murid untuk mengikuti pembelajaran.

Kegiatan belajar mengajar ini berlangsung setiap seminggu sekali. Ada 3 Paket Sekolah yang tersedia, meliputi Paket A untuk SD dengan jumlah siswa 20 orang, Paket B untuk SMP jumlah siswa 72 orang dan paket C untuk SMA dengan jumlah siswa 95 orang. Rata-rata umur mereka mulai dari 15-36 tahun.

Kegiatan Siswa di Sekolah Terbuka PKBM Sirfah

Mereka merupakan anak dari keluarga yang tidak mampu, penghasilan orang tua dibawah Rp500.000. Abu Bakar Sidik Nira, selaku ketua Pusat Pembelajaran Masyarakat mengungkapkan adanya sekolah terbuka ini adalah panggilan hati karena ada beberapa siswa yang memiliki kemampuan belajar yang bagus namun tidak memiliki biaya untuk membayar sekolah. Sehingga para tutor yang rata-rata berstatus PNS itu mengabdi untuk wilayahnya sendiri agar anak-anak bisa lulus dan mendapatkan ijazah sekolah.

Sampai saat ini, PKBM Sirfah belum memiliki gedung sendiri. Mereka belajar menumpang di sekolah negeri dan bergantian dengan siswa lain. Mereka #SemuaPahlawan berjuang bagi diri sendiri untuk menimba ilmu dan demi masa depan keluarga yang lebih baik.

Sahabat Inisiator, bersama Human Initiative, mari kita bantu perjuangan para guru dan siswa di Pedalaman mendapatkan bantuan support gedung dan fasilitas sekolah untuk menunjang pembelajaran yang nyaman. Sahabat Inisiator bisa langsung kunjungi Solusi Peduli dan berikan donasi terbaik kalian ya.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667