Pernyataan Sikap “Tragedi Kemanusiaan Akibat Penyerangan Tentara Israel Terhadap Palestina”

Pernyataan Sikap “Tragedi Kemanusiaan Akibat Penyerangan Tentara Israel Terhadap Palestina”

16 Mei 2021

PERNYATAAN SIKAP

HUMAN INITIATIVE

TENTANG

Tragedi Kemanusiaan Akibat Penyerangan Tentara Israel

TERHADAP MASJID AL-AQSA DAN JALUR GAZA PALESTINA

 

Pada Jumat dan Sabtu, 7-8 Mei 2021, di Yerusalem Timur terjadi serangan dari Pasukan Pengamanan Israel terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa dan Jalur Gaza yang mengakibatkan korban berjatuhan. Penyerangan masih berlanjut. Serangan Israel di Jalur Gaza yang diblokade menewaskan delapan warga Palestina Sabtu (15/5/21), menjadikan jumlah korban tewas menjadi 139, bersama dengan 950 lainnya terluka, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. (sumber : Kompas.com)

Menyikapi hal tersebut, Human Initiative yang merupakan organisasi kemanusiaan dunia dari Indonesia menyatakan sikap sebagai berikut :

  1. Human Initiative mengecam terjadinya pengusiran paksa sejumlah warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah dan segala tindak kekerasan yang muncul setelahnya hingga saat ini, yang menyebabkan korban berjatuhan dari warga sipil baik di wilayah Masjid Al Aqsha maupun wilayah Jalur Gaza.
  2. Human Initiative mendesak Israel untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan mematuhi Deklarasi Hak Asasi Manusia Universal 1948 dalam memberikan perlindungan secara luas kepada masyarakat sipil. Menghentikan segera tindakan yang secara nyata mengarah pada pelanggaran atas Hukum Kemanusiaan Internasional dan Konvensi Jenewa 1949 serta Protokol Tambahan 1977 yang mengatur perlindungan terhadap warga sipil dari konflik dan peperangan, khususnya anak – anak, perempuan, difabel, lanjut usia dan kelompok rentan lainnya.
  3. Human Initiative mendesak Israel mematuhi Prinsip dalam Piagam Kemanusiaan untuk menjaga hak-hak asasi yang meliputi hak untuk hidup secara bermartabat, hak untuk mendapatkan bantuan kemanusiaan dan hak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan. Termasuk di dalamnya hak bagi warga Palestina untuk tetap bisa melaksanakan ibadah di Masjid Al – Aqsa. Oleh karena itu Human Initiative juga mendesak pemerintah Israel segera menarik pasukan pengamanan dari Masjid Al – Aqsa dan menghentikan serangan yang secara nyata telah menimbulkan korban jiwa dari warga sipil di Jalur Gaza.
  4. Human Initiative mendorong kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memberikan akses bagi para pegiat dan organisasi kemanusiaan dalam memberikan dukungan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat yang membutuhkan di Palestina khususnya pada masa krisis akibat penyerangan militer Israel.
  5. Human Initiative mengajak pemerintah Indonesia, forum kerja sama multilateral dan organisasi-organisasi kemanusiaan di dunia untuk mengambil langkah-langkah diplomatik yang dapat mendesak Israel menghentikan segala tindakan kekerasan yang semakin memperburuk situasi krisis dan mengarah pada bencana kemanusiaan berkepanjangan.
  6. Human Initiative juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus berdoa sekaligus memberikan dukungan moril maupun materil agar krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina segera berakhir.

 

Salam Kemanusiaan,
Tomy Hendrajati
President of Human Initiative

 

File Attachment: PERNYATAAN SIKAP “TRAGEDI KEMANUSIAAN AKIBAT PENYERANGAN TENTARA ISRAEL TERHADAP MASJID AL-AQSA DAN JALUR GAZA PALESTINA” 

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667