Kembangkan Usaha Mikro, Para Ibu di Bekasi Ikuti Pelatihan Sertifikasi Halal MUI

Kembangkan Usaha Mikro, Para Ibu di Bekasi Ikuti Pelatihan Sertifikasi Halal MUI

19 September 2022

Bekasi – Selasa (19/7), Program Rumah Bunda Sehat menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan pengurusan sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) bagi para ibu-ibu pelaku usaha mikro pada komoditas ikan marinasi. Pelatihan tersebut bertempat di Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Rumah Bunda Sehat adalah sebuah program pemberdayaan keluarga yang diiniasi oleh Human Initiative atas dukungan para donatur.

 

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang mendapatkan sertifikasi halal. Mengingat adanya sebuah output kesejahteraan dan kemandirian keluarga yang menjadi tujuan dari hadirnya program Rumah Bunda Sehat. Terlebih, pada masa sekarang ini sertifikasi halal untuk sebuah produk dapat menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi calon pembeli.

 

Pada acara ini telah hadir 26  peserta. Acara pelatihan ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan kelurahan setempat. Para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan serta aktif dalam memberikan tanggapan berupa pertanyaan dan pengalamannya seputar materi sertifikasi halal.

Nur Alawiyah, spesialis penjaminan mutu jasa boga, menjadi pemateri pada pelatihan kali ini. Ia  membahas mengenai 3 pokok bahasan penting yaitu mengenai hygiene sanitasi jasa boga, prosedur sertifikasi halal dan penulisan serta pembuatan label yang baik dan benar.

Ia juga menerangkan bahwa di zaman digital ini, proses pengurusan label halal MUI menjadi lebih mudah. Termasuk untuk pelaku usaha kecil, menengah maupun besar. Oleh sebab itu, perlu adanya peran aktif serta kontribusi dari masyarakat untuk terus meningkatkan pengetahuan dan detail jaminan mutu untuk usahanya.

Fatimah, salah satu peserta penerima manfaat bersyukur atas pelatihan ini.

“Terima kasih para donatur dan Human Initiative, pelatihan ini penting sekali untuk kami para pelaku usaha bisa ke level yang lebih tinggi lagi,” ungkapnya.

 

Semoga program ini dapat terus berjalan dengan baik dan dapat terus bermanfaat bagi penerima manfaat yaitu Bunda Duta Gizi beserta pengurus dan juga masyarakat sekitar. Bagi Sahabat Inisiator yang ingin mendukung program serupa, dapat berkunjung ke solusipeduli.org.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561