Tingkatkan Kapasitas Relawan, Human Initiative Gelar Pelatihan Survival Gabungan

Tingkatkan Kapasitas Relawan, Human Initiative Gelar Pelatihan Survival Gabungan

17 November 2021

Sukabumi – Human Initiative menggelar Pelatihan Survival dan Vertical Rescue. Acara ini berlangsung pada Jumat – Minggu, 12 – 14 November 2021, di Cidahu, Gunung Salak, Sukabumi.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para relawan supaya mampu, mahir dan berkompeten dalam merespons berbagai kebencanaan di tanah air. Pada praktiknya, lewat pelatihan ini para peserta mendapatkan pelatihan supaya dapat menguasai kemampuan bernavigasi darat, jungle survival, teknik pengangkatan korban bencana, serta teknik vertical rescue.

 

Tujuan Program Pelatihan Survival Training dan Vertical Rescue

Sementara itu, Vice President Operations Human Initiative, Andjar Radite memberikan sambutan dan arahan kepada para peserta sebelum rombongan meninggalkan lokasi titik kumpul pertama di Depok.

“Indonesia merupakan negara dengan letak geografis yang berpotensi terjadinya berbagai fenomena alam. Berbagai tantangan muncul. Mulai dari iklim, lempengan bumi, serta kondisi kawasan yang menyebabkan berbagai ancaman potensi bencana hadir di antaranya banjir, longsor, kebakaran dan sebagainya. Untuk itu perlu adanya sebanyak-banyak sumber daya manusia yang mumpuni dan memiliki skill untuk menghadapi tantangan ini”

Harapan Andjar, semoga kesempatan ini bisa membuka wawasan peserta serta meningkatkan pemahaman dan keterampilan dan semoga ilmunya dapat bermanfaat.

“Semoga semua mendapat ilmu maksimal dari kegiatan ini” Ujar Andjar saat melepas peserta ke lokasi pelatihan.

Pelatihan ini mendapat dukungan dari para trainer di bidangnya di antaranya Subur Rojinawi (Ketua Squad Penaggulangan Bencana Indonesia), Dedi Muhardi (Koordinator Pusdiklat FMI dan anggota APGI), Rizky Dwianto (Badan SAR Nasional), dan Udi Juandi (Pegiat Alam Bebas) .

“Pelatihan ini merupakan pelatihan kolaborasi antar lembaga pertama kali yang diadakan sejak Human Initiative Institute (HII) didirikan” papar Manager Disaster Program Management Human Initiative, Deni Kurniawan.

Membaca Arah Kompas

Human Initiative Survival Training

Human Initiative Gelar Pelatihan Gabungan

Total terdapat 23 peserta yang datang dari berbagai instansi. Seperti Tanggap Bencana Indonesia, Human Initiative Volunteer Energy, Yayasan Sahabat Kemanusiaan, ACT-MRI Jakarta Timur, ACT-MRI Kabupaten Sukabumi. Turut hadir pula Bagi Indonesia, Sehati Gerak Bersama, Baznas (Bazis) DKI Jakarta, dan Relindo Bekasi. 23 peserta yang bergabung dalam pelatihan terlihat antusias mengikuti semua rangkaian kegiatan yang telah terjadwal. Meski hujan turun, semangat mereka tidak luntur terbawa air.

Sahabat inisator, Kantor Human Initiative juga terbuka bagi teman-teman semua yang ingin bertukar dan berbagi pengalaman. Kalian juga bisa bergabung dan belajar bersama menjadi bagian dari relawan Human Initiative Volunteer Energy dengan mengunjugi website HIVE.

Ditunggu partisipasi teman-teman semua.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561