Ustaz Anwar, Tetap Semangat Mengajar Walau dengan Qur’an dan Iqra Rusak

Ustaz Anwar, Tetap Semangat Mengajar Walau dengan Qur’an dan Iqra Rusak

4 Januari 2022

TPQ Darussalam merupakan satu-satunya TPQ di Desa Horale Maluku Tengah. Ustaz Anwar sebagai pengajar merupakan pengganti dari Da’i sebelumnya yang telah kembali ke Jawa. Ustaz M Anwar selalu bersemangat untuk menghidupkan TPQ Darussalam walau dengan keadaan seadanya. Tidak seperti di kota besar, minimnya akses listrik yang ada tak pernah menyurutkan semangat mengajar Ustaz Anwar.

TPQ ini terletak 77 KM dari Pusat Kota Masohi, dan berada di wilayah tinggi dan sulit akses karena ini merupakan wilayah Transmigrasi warga-warga wilayah lain. TPQ Darussalam menjadi satu-satunya TPQ yang ada di sini dengan jumlah siswa 30 anak. Keadaan ini sangat memprihatinkan karena masih banyak fasilitas yang tidak memadai seperti Qur’an dan Iqro, serta bangunan yang belum terselesaikan pembangunanya.

Ustadz M Anwar bercerita bahwa ia mengumpulkan uang hasil mengajar untuk memperlayak TPQ Darussalam namun ternyata masih kurang agar terpenuhi. Berharap bisa membeli kaca jendela, plafon, penambahan Qur’an dan Iqro yang layak. Sumur di sana juga butuh di cor karena saat musim hujan. Karena mereka tidak dapat mengakses sumur sebab sumur tergenang air banjir. Kendala listrik yang minim juga harus beliau hadapi sehari-hari, berharap adanya genset atau penambahan aki untuk penerangan.

Saat ditemui relawan Human Initiative, Ustadz Anwar bercerita bahwa Ia pernah sampai berjualan sapi demi memperbaiki dan memenuhi kebutuhan TPQ ini. Para siswa hanya perlu membayar 10 ribu untuk Infaq dakwah dan kebutuhan penggantian Lampu setiap bulannya.

Sahabat Inisiator, bersama Human Initiative mari kita bantu perjuangan Ustaz Anwar agar dapat mengajar dengan kondisi TPQ yang layak. Bantuan Sahabat Inisiator bisa langsung disalurkan ke Solusi Peduli ya.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561