Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Terus Bertambah, Human Initiative Kerahkan Personil Tambahan

Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Terus Bertambah, Human Initiative Kerahkan Personil Tambahan

6 Desember 2021

Jakarta – Akibat erupsi Gunung Semeru yang masih berlangsung hingga saat ini, tercatat jumlah masyarakat terdampak mencapai hingga 5.205 jiwa. Pada Minggu, 5 Desember 2021 pukul 18.00 WIB, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Konferensi Pers Perkembangan Pasca Erupsi Gunung Semeru yang kedua.

Abdul Muhari selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kapusdatinkom Kebencanaan BNPB dalam jumpa pers mengungkapkan total warga terdampak akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 5.205 jiwa. “Maksud dari jumlah warga terdampak di sini adalah total warga yang terdampak, baik karena guguran maupun awan panas yang tercatat di 2 kecamatan. Juga akibat dari adanya debu vulkanik di 8 kecamatan,” ujarnya.

Sebanyak 1.300 di antara sejumlah warga terdampak telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Angka ini dinyatakan langsung oleh Suharyanto selaku Kepala BNPB Letjen TNI yang hingga kini tengah berada di lokasi.

Kemudian, hingga pukul 17.30 sore ini, tercatat ada 14 korban jiwa meninggal dunia. Adapun jumlah warga terdampak yang mengalami luka-luka sebanyak 56 orang dengan rincian 21 orang mengalami luka ringan serta 35 orang mengalami luka berat.

 

Respons Human Initiative Terhadap Erupsi Gunung Semeru

Tim Human Initiative telah meluncur ke lokasi terdampak sesaat setelah erupsi terjadi pada (4/12) lalu. Sedangkan, pagi ini tim telah melakukan apel pagi dan berkoordinasi dengan Bupati Lumajang dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur.

Human Initiative menerjunkan tim tambahan ke lokasi terdampak sebanyak 3 unit ambulans. Kemudian sejumlah 15 personil untuk membantu pencarian korban serta evakuasi. Selain itu, tak ketinggalan juga telah melakukan assessment wilayah dan mendistribusikan bantuan berupa makanan siap santap, masker, hygiene kit, kebutuhan dasar lainnya serta pendirian dapur air.

Sahabat Inisiator, yuk bersama kita rangkul masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru dengan cara memberikan donasi terbaikmu ke Solusi Peduli. Semoga niat baik kalian dapat menjadi pemberat timbangan amal. Juga mereka yang kamu bantu dapat menjadi saksi atas kebaikan kalian kelak.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561