WargaBantuWarga, Cerminan Jiwa Gotong Royong Bangsa Indonesia

WargaBantuWarga, Cerminan Jiwa Gotong Royong Bangsa Indonesia

26 Desember 2021

Berbagai tantangan dan keterbatasan kondisi dalam memerangi pandemi memancing peduli dan inovasi warga untuk bisa saling membantu satu sama lain. Salah satunya adalah lahirnya sebuah website kolaborasi dari warga untuk warga.

Program hebat ini merupakan buah kolaborasi individu, komunitas, dan institusi yang tergerak untuk ikut berkontribusi dalam penanganan pandemi di Indonesia. Kolaborasi #WargaBantuWarga bersifat inklusif, independen, dan non-partisan.

Laman informatif ini menjadi wadah inisiatif warga untuk bertukar informasi dan membantu warga lain yang terdampak pandemi.

Launching pada 6 Juli 2021, website ini berfokus pada dua hal. Pertama, pemberian informasi terkait Covid-19 dan kontak/akses layanan/alat kesehatan berbasis per daerah (provinsi). Kedua adalah hotline untuk memudahkan warga yang membutuhkan informasi terkait layanan kesehatan. Khusus platform informasi dan database, saat ini sudah bisa dilihat di situs WargaBantuWarga.

Keberadaan website ini juga untuk menghimpun berbagai informasi mengenai Covid-19 yang berserakan di dunia maya. Selanjutnya informasi tersebut akan dicek kebenarannya oleh salah satu relawan.

Terdapat banyak sajian informasi penting terkait Covid-19, beberapa di antaranya:

Berdasarkan informasi yang masuk, sebagian besar informasi datang dari Pulau Jawa. WargaBantuWarga berharap banyak masyarakat lain di Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua berbagi informasi juga terkait Covid-19. Inisiatif pembentukan website ini hadir dari banyaknya warga di media sosial maupun di aktivitas sehari-hari untuk membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan terkait Covid-19.

Pada Rabu, 15 Desember 2021, tepatnya di ajang Humanity Award 2021, gerakan ini mendapatkan apresiasi dalam kategori Aktor Pelaksana Gotong Royong. Kami ucapkan selamat ya untuk WargaBantuWarga atas kepeduliannya dan menjadi inspirasi kebermanfaat yang luas untuk kita semua.

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561