Webinar Nyalakan Harapan Gizi Anak Indonesia “Kenali Stunting dan Cara Mengatasinya”

31 Oktober 2022
Webinar Nyalakan Harapan Gizi Anak Indonesia “Kenali Stunting dan Cara Mengatasinya”

Depok Human Initiative berkolaborasi dengan Limitless Foundation dan Danone Indonesia menggelar Webinar #NyalakanHarapan Gizi Anak Indonesia dengan tema: Kenali Stunting dan Cara Mengatasinya. Acara ini bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif terhadap masa depan anak Indonesia mengingat isu stunting masih menjadi tantangan di Negeri ini. Acara ini berlangsung secara daring dan diikuti sejumlah peserta dari masyarakat umum.

Dalam webinar tersebut, turut hadir sebagai pembicara Kepala BKKBN RI, Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, SP.OG(K) dan Dokter serta Pendiri Limitless Foundation, dr Nadhira Afifa, MPH. Keduanya memberikan pemaparan seputar isu stunting pada anak serta upaya pencegahannya.

Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, SP.OG(K) dalam pemaparannya menyampaikan pemahaman seputar intervensi program stunting dari perspektif kerja BKKBN serta upaya penanganan isu stunting nasional. Sebagaimana kita ketahui, bahwa isu stunting menjadi perhatian khusus pemerintah saat ini.

Di sesi Nadhira Afifa, Ia menjelaskan edukasi tentang stunting serta faktor penyebabnya. Termasuk  menjelaskan pentingnya memperhatikan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) serta langkah-langkah untuk mengetahui stunting pada anak. Dalam pemaparannya, dr Nadhira juga menambahkan bahwa perlu adanya kerja sama secara menyeluruh dari berbagai macam pihak untuk dapat mencegah stunting pada anak.

Kolaborasi Berbagai Pihak Untuk Cegah Stunting

Pada kesempatan kali ini, turut hadir pula perwakilan dari Danone Indonesia serta Human Initiative. Masing-masing dari mereka memaparkan tentang langkah-langkah serta program yang telah berlangsung untuk membantu menurunkan angka stunting di Indonesia.

Nadhira Afifa menjelaskan, “Limitless Foundation berkomitmen dalam upaya peningkatan akses pendidikan dan kesehatan anak di Indonesia. Melalui program Untuk Anak Pelosok, kami berharap mata acara di dalamnya dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan akses pendidikan dan kesehatan anak di Indonesia. Terutama dalam upaya penanganan stunting dan gizi kurang di pelosok Indonesia.”

Selain itu, Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan, “Sejalan dengan misi perusahaan yakni membawa kesehatan kesebanyak mungkin orang, upaya pencegahan dan penanganan stunting menjadi fokus utama dari sisi perusahaan. Kami percaya bahwa setiap anak memiliki hak untuk maju dan berkembang dengan terlepas dari permasalahan stunting. Karena anak stunting tidak hanya mengalami hambatan pertumbuhan fisik, tapi nutrisinya juga tidak mencukupi juga memengaruhi kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak anak. Sejalan dengan program utama kami yakni Bersama Cegah Stunting, kami bermitra dengan Human Initiative dan Limitless, untuk memberikan edukasi ke sebanyak mungkin masyarakat dengan harapan dapat menekan angka pertumbuhan stunting di Indonesia.”

Acara ini berakhir dengan launching kolaborasi antara Human initiative, Limitless Foundation, dan Danone Indonesia dalam program yang berfokus pada penguatan gizi anak Indonesia. Semoga upaya ini dapat memberikan dampak positif bagi masa depan Indonesia serta membantu #NyalakanHarapan anak bangsa.

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561