Human Initiative Membangun Hunian Sementara untuk Penyintas Semeru

Human Initiative Membangun Hunian Sementara untuk Penyintas Semeru

7 Februari 2022

Sahabat Inisiator, masih ingat dengan bencana erupsi Gunung Semeru pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu? Meski peristiwa tersebut sudah 2 bulan berlalu, akan tetapi sampai sekarang para warga terdampak masih terus berjuang untuk survive dalam kondisi yang serba terbatas. Terlebih, masyarakat di sekitar Gunung Semeru saat ini tidak bisa kembali ke rumahnya akibat erupsi dan lahar dingin.

Human Initiative bersama Pemda Lumajang serta beberapa lembaga kemanusiaan lainnya telah melakukan peletakan batu pertama serta pembangunan hunian sementara (Huntara) untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Peletakan batu pertama ini berlangsung pada akhir 2021, tepatnya tanggal 31 Desember 2021.

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq & Wakil Bupati Indah Amperawati. Rencananya akan disiapkan sekitar 1.500-unit huntara di Kawasan relokasi, Desa Sumbermujur, Kec. Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Setiap huntara ini terbangun dengan anggaran Rp15.700.000 per unit. Dananya berasal dari hasil donasi yang terkumpul.

Ribuan rumah tersebut nantinya akan berfungsi untuk warga terdampak yang berasal dari Desa Sumberwuluh. Huntara akan berdiri di atas 81 hektar tanah yang sudah siap yang nantinya juga akan menjadi hunian tetap warga. Pemda Lumajang sendiri merencakan lokasi huntara nantinya akan menjadi permanen sebagai kampung baru bagi masyarakat.

Sahabat Inisiator, mari bersama Human Initiative kita ikut bantu ringankan beban mereka dengan mengunjungi Solusi Peduli. Semoga keadaan lekas membaik ya.

0

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-812-8080-4561