"> "> "> Initiative For Empowerment - Human Initiative
Initiative for Empowerment

Initiative for Empowerment

Initiative for Empowerment atau disebut juga Klaster Berdaya merupakan kumpulan dari berbagai program pemberdayaan yang diterapkan pada tingkat individu, keluarga, maupun lingkungan yang lebih luas lagi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan para penerima manfaat dari program ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Program Klaster melakukan pendekatan pemberdayaan melalui proses fasilitasi masyarakat agar mereka bisa mengorganisasikan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Sahabat Gizi Kita atau SAGITA merupakan sebuah program yang diperuntukkan sebagai bentuk pencegahan dan penanggulangan permasalahan kesehatan gizi pada ibu dan anak. Tujuan akhir dari program ini adalah adanya peningkatan asupan makanan bergizi melalui pemberian makanan tambahan, peningkatan status gizi dan tumbuh kembang balita melalui sekolah gizi, dan partisipasi perempuan dalam perbaikan gizi di wilayahnya melalui pemberdayaan perempuan.

Oleh karena itu, wilayah-wilayah yang menjadi sasaran program ini adalah wilayah yang rentan akan kasus kurang gizi. Selain itu, ada pula wilayah lainnya yang dirasa oleh kami sulit terakses atau pun terlalu padat penduduk. Kami berharap hadirnya program ini dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya asupan bergizi serta lebih jauh lagi dapat membantu meningkatkan pola hidup mereka ke arah yang lebih sehat.

Program Kampung Sanitasi merupakan program yang menitikberatkan pada pemahaman dan perubahan perilaku masyarakat mengenai PHBS serta pembentukan kelompok masyarakat yang mampu secara mandiri memenuhi kebutuhan sanitasi layak di wilayahnya secara berkelanjutan. Bentuk kegiatan fokus pada empat hal, yaitu pembentukan kader berdaya, pembangunan infrastruktur sanitasi, dan pembentukan lingkungan STBM.

Bentuk program yang dikenal dengan istilah Arisan Jamban ini terdiri atas berbagai kegiatan, di antaranya yaitu Training for Trainer Kader Sanitasi, Pengadaan Media Edukasi, Pemicuan, Pembentukan Kelompok Arisan Jamban berkelanjutan, Pendampingan, serta Pembangunan Sarana Sanitasi.

Tujuan akhir dari program ini adalah peningkatan akses sanitasi layak yang berkelanjutan. Selain itu, berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri yang dimuat dalam laporan World Bank tahun 2016, sanitasi berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan pengurangan angka kemiskinan di suatu wilayah.

Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian suatu keluarga. Program ini dilalukan dengan cara membentuk beberapa unit usaha yang nantinya akan dikelola oleh setiap keluarga sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga tersebut. KUMM berusaha menjawab beberapa permasalahan  ekonomi yang dihadapi oleh keluarga kurang mampu, di antaranya yaitu pemenuhan kebutuhan keluarga, baik yang berupa harian, mingguan, maupun bulanan, pendapatan keluarga yang tidak menentu, serta pengalokasian uang untuk pemenuhan berbagai kebutuhan primer keluarga, sehingga tidak ada dana yang tersisa yang dapat ditabung

Satu keluarga diharapkan dapat menjalankan usaha yang dikelola dengan baik. Tujuan utama Program Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM) ini adalah adanya pendapatan 2 alternatif yang dimiliki keluarga miskin sehingga mereka mengalami peningkatan penghasilan.

DONATE NOW

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667