Initiative for Empowerment

Initiative for Empowerment

Initiative for Empowerment atau disebut juga Klaster Berdaya merupakan kumpulan dari berbagai program pemberdayaan yang diterapkan pada tingkat individu, keluarga, maupun lingkungan yang lebih luas lagi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kemampuan para penerima manfaat dari program ini dalam upaya meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan. Program Klaster melakukan pendekatan pemberdayaan melalui proses fasilitasi masyarakat agar mereka bisa mengorganisasikan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Kesehatan, Nutrisi dan Ketahanan Pangan Meliputi 3 Program yaitu Sahabat Gizi Kita, Kebun Gizi dan Sustainable Farming.

  • Sahabat Gizi Kita (SAGITA) merupakan program yang diperuntukkan bagi penanggulangan permasalahan kesehatan ibu dan anak yang mengalami kurang gizi.

 

  • Kebun Gizi adalah program pembentukan ketahanan pangan komunitas selama 6 bulan melalui capacity building masyarakat, bantuan sarana pertanian dan perikanan, serta coaching dan pendampingan.

 

  • Program Sustainable Farming bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda tani sebagai agent of change dalam implementasi pertanian organik dengan teknologi modern. Program ini mengedepankan kualitas produk yang menyehatkan dan berkelanjutan serta proses pertanian yang efektif dan efisien.

 

Air, Sanitasi dan Energi Mencakup 3 Program yaitu Berbagi Air, Kampung Sanitasi dan Energi Untuk Kehidupan

  • Program Berbagi Air menggunakan pendekatan PAMDus, yaitu membangun sistem air bersih yang dapat memberikan kemudahan akses air bersih hingga ke rumah-rumah dan dikelola oleh masyarakat.

 

  • Program Kampung Sanitasi menitikberatkan pada pemahaman dan perubahan perilaku masyarakat mengenai PHBS serta pembentukan kelompok masyarakat yang mampu secara mandiri memenuhi kebutuhan sanitasi layak di wilayahnya secara berkelanjutan. Bentuk kegiatan fokus pada empat hal, yaitu pembentukan kader sanitasi, pembangu nan sarana sanitasi, dan pembentukan lingkungan sadar sanitasi dengan durasi program 12 bulan.

 

  • Program Energi untuk Kehidupan adalah program yang mendukung green energy dalam rangka respons mitigasi isu climate change. Bentuk programnya terdiri dari pembangunan balai energi yang mendukung aktivitas penghidupan masyarakat.

Pemberdayaan Ekonomi meliputi beberapa program, yaitu Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM), Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Bangun Industri Desa.

  • Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM) adalah Program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian suatu keluarga dengan cara membentuk/mengembangkan unit usaha yang nantinya akan dikelola oleh anggota keluarga, sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga tersebut.

 

  • Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) adalah program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berfokus pada pembangunan lingkungan usaha yang kondusif seperti pelatihan usaha, penguatan kelembagaan, dan penguatan jejaring strategis. Penerima manfaat akan diintervensi dalam kelompok usaha dengan 1 jenis usaha yang sama.

 

  • Bangun Industri Desa (BID) adalah program pember dayaan ekonomi yang dijalankan melalui pengem bangan potensi lokal daerah dengan membangun sebuah industri yang dapat meningkatkan kualitas produk dan memperluas akses pasar dengan nilai jual yang lebih tinggi.
DONATE NOW

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667