"> "> "> Initiative For Disaster - Human Initiative
Initiative For Disaster

Initiative For Disaster

Initiative for Disaster merupakan kumpulan dari berbagai program yang bertujuan mengurangi dampak bencana, melalui pemberdayaan potensi dan kapasitas masyarakat untuk mengenali potensi bencana, dan membuat persiapan menghadapi bencana. Selain tindakan preventif, persiapan tim yang akan dikerahkan jika terjadi bencana juga turut menjadi perhatian pada berbagai program disaster.

Program ini bertujuan untuk mengurangi ancaman bencana dan mengurangi dampak buruk dari suatu ancaman bencana dengan cara mengedukasi seseorang atau suatu komunitas. Berbagai kegiatan dilakukan dalam proses penjalanan program ini, di antaranya yaitu pembuatan Kampung Tangguh, Sekolah Aman, Media Edukasi Kebencanaan, Pelatihan Kesiapsiagaan, Kelas Relawan, dan penyediaan Tas Siaga Bencana.

Ini merupakan bentuk persiapan penyediaan tim tanggap darurat. Serangkaian kegiatan dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan, meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi korban, harta benda, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan, pengurusan pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan prasarana dan sarana.
Terdapat berbagai kegiatan untuk mempersiapkan tim ini, di antaranya yaitu pembentukan Rescue (Penangan Bencana Kebakaran, Banjir, Gempa, Longsor, Puting Beliung, Tsunami, dll.), pengadaan kegiatan wash (Berbagi Air, Jamban Portable, Hygine Kit), pembuatan Shelter (Serambi Nyaman, Rumah Senyum, Shelter Kit), pendistribusian Food Item (Dapur Air, Distribusi Bahan Pokok, Distribusi Makanan Siap Saji), pendistribusian Nonfood Item (Family Kit, School Kit, Cooking Set, Sejuta Masker, serta penyiapan tim Health (Medis Darurat, Penanganan Psikososial).

Suatu proses yang dilalui agar kebutuhan pokok terpenuhi setelah terjadinya bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial akan dilakukan oleh tim recovery bencana. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh tim recovery, di antaranya yaitu Pembangunan dan Operasional Sekolah, Pembangunan Pondok Yatim, Pembangunan Hunian, Pembangunan Sumur, Mobile Clinic dan Operasional Medis, Livelihood (Sumber Pendapatan), dan melakukan Food Security.

DONATE NOW

Sahabat Inisiator Butuh Bantuan?

Telp/Whatsapp

+62-811-9342-667